. Solusi Menyembuhkan Pikiran

Solusi Menyembuhkan Pikiran

Apakah Anda tahu bahwa dengan belajar hal-hal baru Anda benar-benar memperbaiki struktur otak Anda sendiri? Sebuah kemampuan menakjubkan dari otak manusia untuk mengubah dirinya sendiri sesuai dengan pengalaman baru dan pengetahuan baru yang disebut neuroplastisitas.

Setiap kali kita belajar sesuatu yang baru kita mengubah koneksi neuron (sel otak) dan jalur saraf bahkan seluruh. Setiap kali kita mengubah lingkungan kita – kita mengubah struktur otak. Setiap kali kita mengubah perilaku kita-kita menciptakan perubahan yang signifikan di dalam otak kita.


Perubahan ini bisa baik, tetapi bisa buruk juga, itu semua tergantung pada sifat dari pengalaman, seperti mengubah lingkungan Anda, tetapi yang paling penting persepsi kita tentang pengalaman perubahan, ditambah lingkungan.

Setiap peristiwa yang kita alami dapat meninggalkan jejak memori permanen dalam otak kita sehingga mengubah struktur otak.

Sebagai contoh, seorang gadis remaja yang terkena gambar selebriti kurus bisa menjadi tidak puas dengan citra tubuh sendiri dan kemudian mengembangkan gangguan makan. Dalam contoh ini dia belajar bahwa selebriti kurus dianggap cantik. Lalu ia secara otomatis menciptakan sebuah pengalaman negatif baru untuk dirinya sendiri dengan membandingkan tubuhnya sendiri dengan tubuh selebriti. Dia tidak sekurus orang di TV, sehingga ia menjadi tidak puas dengan dirinya sendiri. Hasil akhir dari proses mental-emosional adalah perubahan signifikan pada struktur saraf di otaknya. Pikiran-pikiran yang irasional menjadi baru jalur saraf rusak yang kemudian bertanggung jawab untuk dia mengembangkan gangguan makan.

Untungnya, semua kenangan traumatis tidak tertulis dalam batu, atau “terukir”, tetap tidak berubah selamanya. Untungnya kita dapat mengubah struktur-struktur ini rusak oleh peristiwa berikutnya dan kembali menuliskannya, kemudian mengubahnya ke proses berpikir baru yang lebih konstruktif.

Semua pengalaman atau peristiwa (seperti ketidakpuasan dengan diri sendiri, trauma emosional dll) dapat mengambil arti yang berbeda baru di kemudian hari dalam kehidupan dan lagi kita dapat belajar untuk mengubah struktur otak untuk lebih baik. Kita dapat mengarahkan perubahan dalam otak kita untuk lebih baik dengan menggunakan proses yang disebut “self-directed neuroplastisitas”. “Self-diarahkan neuroplastisitas” berarti kembali-transkripsi dan mengubah jaringan saraf yang mendasari dan ingatan yang berhubungan dan emosi sendiri untuk diri sendiri.

Orang dengan makan, kecemasan gangguan depresi, dan sejenisnya dapat membantu diri mereka sendiri untuk memperbaiki kehidupan mereka sendiri dengan menggunakan “self-directed neuroplastisitas” pendekatan pada setiap tahap penyakit ini. Tentu saja, jika Anda memiliki gangguan makan selama 10 tahun atau lebih akan lebih sulit untuk mengubah otak maka jika Anda memilikinya selama 5 tahun, tetapi ini juga banyak tergantung pada tekad dan keinginan untuk berubah.

Orang yang memiliki tekad dan keinginan untuk perubahan dapat menciptakan emosi positif yang diperlukan untuk perubahan, dan emosi ini akan membantu mereka untuk kembali menuliskan jalur saraf yang rusak lebih cepat dan mudah. Tetapi jika Anda menolak perubahan dan kurangnya tekad maka Anda akan tetap seorang penderita dengan jalur saraf yang rusak sampai Anda sadar sampai ke titik bahwa Anda harus berubah. Atau ketika Anda sampai ke titik di mana itu lebih menyakitkan untuk tetap dengan gangguan tersebut, daripada untuk mengubah: titik ini biasanya tercapai ketika sejumlah masalah medis datang dari penyalahgunaan tubuh mereka selama bertahun-tahun.

Gagasan bahwa otak dapat mengubah struktur sendiri dan fungsinya melalui kegiatan baru, pikiran dan perilaku baru yang luar biasa dan membawa banyak harapan bagi penderita gangguan mental dan emosional. Ini termasuk gangguan makan, kecemasan, depresi, gangguan kompulsif, kecanduan dan masalah lainnya yang terkait stres.

“Ajarkan Your Mind Cure Otak Anda” adalah istilah yang memberitahu Anda sederhana, jika anda belajar untuk mengajarkan pikiran Anda hal-hal positif baru Anda dapat mengubah struktur otak Anda menjadi lebih baik juga. Jika Anda mempelajari metode yang tepat maka Anda dapat meningkatkan dan bahkan menyembuhkan otak Anda dari banyak gangguan. Ini benar-benar hanya sampai Anda apakah Anda tetap dengan pikiran destruktif lama atau mengubah ke yang lebih baik baru: apakah pilihan Anda?

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...