. Pengajuan Pinjam Modal Usaha Kecil

Pengajuan Pinjam Modal Usaha Kecil

Banyak orang berpikir bahwa memulai suatu usaha tanpa modal pribadi yang besar adalah mustahil, padahal masalah ini bisa disiasati dengan cara mencari dana melalui pihak lain, salah satunya lembaga keuangan.
Bagi usaha Unit Kecil dan Menengah, langkah awal untuk mengajukan proposal permohonan kredit biasanya terkesan sulit dilakukan. Padahal, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk mengajukannya karena usaha sedang membutuhkan ekspansi dan tambahan modal. 
Ada tiga prinsip dalam proposal usahanya, yaitu lengkap, jelas, pasti. Untuk itu kelengkapan data proposal merupakan syarat mutlak agar kredit Anda segera memperoleh kepastian dari pihak bank, yaitu informasi umum usaha, informasi agunan, informasi keuangan, uraian aktivitas usaha,serta informasi khusus dan asumsi perkembangan usaha.
 
Berikut ini tip singkat dan mudah bagi Anda yang ingin meminjam modal usaha:
Proposal
Buat proposal pengajuan pinjaman modal selengkap mungkin meliputi berbagai aspek usaha, tidak hanya tampilannya yang menarik.

Arus Kas
Sediakan penjelasan tentang arus kas sesuai lamanya permohonan pinjaman Anda. Kalau meminta jangka waktu dua tahun, buatlah arus kas selama dua tahun.

Kelompok Usaha
Untuk mempermudah dan mempercepat proses, ajukan permohonan pinjaman secara berkelompok. Siapa tahu di lingkungan sekitar rumah ada juga orang-orang yang memiliki niat berwirausaha. Sebaiknya Anda dan teman-teman bergerak dalam bidang usaha yang sama.

Modal Pribadi
Milikilah dana pribadi. Jangan datang dengan tangan kosong. Tunjukkan bahwa Anda juga bertanggung jawab atas bisnis Anda.

Jenis Usaha
Tentukan jenis usaha yang sedang berkembang atau diminati. Pemberi pinjaman akan merasa lebih yakin Anda bisa mengembalikan pinjaman tersebut. Usaha makanan, pakaian, dan tempat tinggal adalah jenis-jenis usaha yang selalu laris karena berkaitan dengan kebutuhan dasar manusia. Tak ada salahnya Anda bergerak di bidang itu.
Point Penting Pengajuan Proposal
Tak sedikit kalangan masyarakat dan pengusaha yang terkadang kikuk jika berurusan dengan penyusunan dokumen seperti proposal pengajuan modal usaha. Oleh karena itu berikut sedikit catatan untuk membantu Anda dalam menyusun prposal pengajuan modal usaha.
Anda cukup membuat surat permohonan kredit kepada lembaga keuangan yang dikehendaki,beserta melampirkan legalitas usaha, seperti fotokopi KTP dan surat keterangan usaha dari kelurahan setempat. Adapun poin penting surat kurang lebih mencakup hal-hal sebagai berikut :
  1. Tanggal kredit tersebut diajukan.
  2. Jangan lupa untuk mencantumkan perihal surat, misalnya permohonan pengajuan kredit.
  3. Surat ditujukan kepada pemimpin perusahaan/pimpinan cabang.
  4. Tuliskan dengan jelas identitas pemilik usaha, misalnya saja nama, alamat rumah, alamat usaha, nomor telepon rumah atau kantor, dan telepon genggam dan lain sebagainya.
  5. Jelaskan tentang jenis usaha yang Anda geluti dan berapa lama usaha tersebut telah berdiri.
  6. Jelaskan lebih lanjut tujuan pengajuan kredit tersebut dimaksutkan untuk membiayai apa? Apakah sebagai modal kerja, investasi, atau konsumtif.
  7. Jelaskan dampak positif tambahan modal usaha tersebut, misalnya dapat meningkatkan laba bersih menjadi lebih besar dan efisien.
  8. Sebutkan berapa jumlah kredit yang diminta. Biasanya, bank hanya memberi modal 80% dari total kebutuhan (khususnya investasi), sisanya dari modal sendiri. Harus disebutkan bahwa kebutuhan total Rp100-juta, tetapi sudah memiliki dana Rp20-juta sehingga Anda meminta bantuan dana Rp80-juta.
  9. Terangkan kemampuan Anda mengangsur pokok dan bunga pinjaman, serta berapa lama waktu kredit yang Anda kehendaki.
  10. Apabila mengetahui skim kredit yang sesuai dengan usaha Anda, sebutkan. Misalnya, kredit program KUR atau kredit usaha kelompok nelayan. Sebelumnya, didiskusikan dengan petugas bank.
  11. Sampaikan bahwa Anda siap disurvei atau on the spot oleh petugas bank.
Adapun contoh pembuatan pengajuan krdit usaha silahkan klik disini.
Semoga uraian di atas cukup jelas dan dapat menjadi masukan bagi Anda untuk menyusun sebuah proposal pengajuan usaha. Semoga berhasil !

1 komentar:

Wanda hamidah mengatakan...

ini kisah nyata saya . . . .
perkenalkan nama saya wanda hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.
Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud
saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Rasheed atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...