. Samsung Jadi Penguasa Smartphone di Dunia

Samsung Jadi Penguasa Smartphone di Dunia

Samsung kini mendapatkan predikat sebagai produsen smartphone nomor satu dunia, hal ini ditunjukan dari data dari Strategy Analytics yang menyebutkan bahwa produsen smartphone asal Korea Selatan ini menjadi penjual smartphone di dunia dalam hal pendapatan sepanjang kuartal pertama tahun ini menyalip kompetitornya Apple yang turun di posisi kedua.



Menurut sebuah laporan dari Yonhap News, penjualan smartphone Samsung telah melebihi USD 23,6 miliar atau sekitar IDR 230 triliun selama tiga bulan pertama pada tahun 2013. Hasil ini jelas menggeser iPhone dari Apple yang sempat menempati posisi teratas pada kuartal sebelumnya.

Pada kuartal pertama tahun 2013 kemarin Appel melaporkan hasil penjualan smartphonenya pada kuartal pertama tahun 2013 ini sebesar USD 22,95 miliar atau sekitar IDR 224 triliun, hasil tersebut mengalami penurunan sebesar USD 7,7 miliar atau sekitar IDR 75,2 triliun dari kuartal sebelumnya. Namun sebaliknya Samsung mengalami peningkatan penjualan dari kuartal sebelumnya dimana pada kuartal pertama ini Samsung mencatat kenaikan penjualan sebesar USD 952 juta atau sekitar IDR 9,3 miliar.

Dari data yang dirilis oleh Strategy Analytics kemarin, terlihat jika produsen asal Korea Selatan ini mencatat angka penjualan sebesar 12,5 juta smartphonenya yang dijual di China selama kuartal pertama tahun 2013.

Laporan Yonhap News terbaru juga mengatakan banyaknya permintaan smartphone high-end Samsung yang berjalan pada jaringan LTE menjadi faktor yang paling membantu dalam meningkatkan angka penjualan smartphone Samsung.

Pada minggu lalu smartphone andalan Samsung yaitu Galaxy S4 baru saja mencatat penjualan yang melewati angka 10 juta unit dalam waktu hanya 1 bulan semenjak peluncurannya pada bulan lalu. Hal ini menjadikan Galaxy S4 menjadi smartphone tercepat yang pernah dijual Samsung. Sebelumnya Galaxy SIII baru mencatat angka serupa dalam 2 bulan semenjak peluncurannya.

Sementara itu dalam data Strategy Analytics terbaru melaporkan bahwa produsen smartphone asal Finlandia yaitu Nokia berada di posisi ketiga dengan mencatat penjualan senilai USD 3,64 miliar atau sekitar IDR 35,5 triliun lalu disusul oleh LG Electronics ditempat ke empat dengan penjualan sebesar USD 2,95 miliar atau sekitar IDR 28,7 triliun.

Namun dalam hal pendapatan operasional secara global pada kuartal pertama lalu, Apple masih menjadi yang teratas dengan pansa pasar sebesar 31 persen diikuti Samsung di posisi kedua sebesar 21, 8 persen. Sementara di posisi ketiga dan keempat ada LG sebesar 4,1 persen dan Sharp sebesar 3 persen.

Samsung mencatat laba operasional pada kuartal pertama lalu sebesar USD 7,9 miliar atau sekitar IDR 77 triliun dengan laba bersih sebesar USD 6,5 miliar atau sekitar IDR 63,3 triliun, sementara laba Apple pada kuartal kedua fiskal tahun 2013 sebesar USD 9,5 miliar atau sekitar IDR 92,6 triliun.

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...