. Rencana Bisnis Rumahan

Rencana Bisnis Rumahan

Mengelola Bisnis Rumahan menjadi pilihan kegiatan orang terutama para wanita, tidak hanya orang yang memang menggantungkan hidupnya dari bisnis itu sendiri tetapi juga bagi orang yang sudah memiliki pekerjaan tetapi ingin meningkatkan penghasilannya. Banyak pekerja di perusaan Swasta, Pegawai Negeri, Ibu rumah tangga memiliki kegiatan bisnis rumahan yang hasilnya cukup besar, bahkan bisa lebih besar dari gaji bulanannya. Alasannya adalah untuk meningkatkan penghasilan atau sebagai usaha sampingan. Memulai bisnis rumahan atau bisnis yang dimiliki sendiri pada dasarnya dapat dilakukan oleh setiap orang, baik orang yang belum memiliki pekerjaan ataupun orang yang sudah memiliki pekerjaan.

Termasuk jenis bisnis pribadi, bisnis rumahan menawarkan keuntungan disatu sisi tetapi juga ada kemungkinan mengalami kegagalan. Maka jika ingin memulai Bisnis rumahan harus benar-benar dipersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya dari berbagai aspek. Meskipun sebuah usaha sampingan harus pula direncanakan dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Setiap bisnis menuntut pelaksanaan yang serius dan sungguh-sungguh berorientasi kepada kualitas. Ada beberapa tips untuk memulai Bisnis Rumahan ( Bisa juga bisnis lain ) yang bisa dijalankan agar menuai kesuksesan.


1. Gagasan Bisnis
Pertimbangkan pilihan bisnis yang pertama terlintas dalam pikiran Anda, coba luangkan waktu untuk mengeksplorasi berbagai pilihan. Pilih ide bisnis lainnya! Bacalah buku yang mungkin akan memberikan ide bisnis rumahan atau bisnis kecil, dan artikel atau majalah wirausaha dan marketing yang lagi tren dan ada permintaan pasar. Dengan pertumbuhan fenomenal dari Internet, informasi (business plan) yang Anda butuhkan sekarang gampang Anda cari.
2. Mencintai Pekerjaan
Cari tahu apa saja jenis bisnis yang menarik bagi Anda. Tentukan tujuan Anda, minat, keinginan dan kemampuan. Yang penting adalah bahwa Anda harus menikmati bisnis Anda tersebut. Pengusaha yang berhasil adalah mereka yang paling merasa bergairah terhadap apa yang mereka kerjakan. Anda tidak dapat merasa bergairah jika Anda tidak suka!

3. Keyakinan Kepuasan dan Keuntungan
Pilih bisnis yang secara pribadi memuaskan serta menguntungkan. Meskipun Anda mungkin memiliki semangat dalam hobi atau kerajinan, cobalah mempertimbangkan potensi bisnisnya. Apakah Anda berpikir ada permintaan untuk itu? Apakah akan membawa Anda pada penghasilan berulang? Bagaimana potensi pasarnya, apakah sudah jenuh? Apakah ada hambatan untuk masuk? Apakah Anda memiliki skala ekonomi? Mulailah sebuah bisnis yang menurut Anda memiliki potensi menguntungkan. Anda akan perlu melakukan banyak hitungan untuk menentukan kelangsungan keuangan bisnis Anda tersebut. Tentunya ini akan memerlukan analisa pasar dan melakukan analisis BEP, proyeksi keuangan awal yang menunjukkan jumlah pendapatan Anda yang harus bisa untuk menutupi pengeluaran Anda. Semuanya ini memerlukan tenaga ekstra, terutama jika Anda bukan ahli keuangan, tapi ini adalah salah satu langkah penting dalam menilai apakah bisnis yang Anda pilih bisa menghasilkan uang.
4. Cakap Berbisnis
Ukurlah kemampuan Anda, apakah Anda bisa dan ingin menangani setiap aspek bisnis.? Ketika Anda memulai bisnis baru kecil Anda, Anda mungkin tidak memiliki kemewahan dari staf untuk membantu melengkapi dalam beberapa aspek bisnis Anda tersebut. Alih-alih hanya berfokus pada arah strategis bisnis, Anda mungkin diminta untuk mengumpulkan piutang, melacak pengeluaran, menerima panggilan pelanggan, dan melakukan ribuan tugas lainnya. Sadarlah akan tugas-tugas lain yang harus Anda lakukan dalam bisnis Anda. Selalu berusahalah untuk meningkatkan kompetensi kemampuan Anda dari berbagai aspek bisnis dengan belajar dan mencari informasi pendukung bisnis.
5. Tempat Bisnis
Gambarlah tata letak tempat kerja Anda. Ingat, Anda memulai bisnis di rumah untuk menghemat biaya overhead, sehingga memanfaatkan setiap sudut dan celah kemungkinan yang dapat Anda gunakan di rumah Anda. Jika Anda ingin memulai bisnis menghias kue, Anda harus memiliki dapur yang memadai. Ada dua pilihan jenis tempat yang perlu diperhatikan dari tempat usaha yaitu dekat dengan konsumen atau dekat dengan bahan baku.
6. Keamanan dan Kenyamanan Keluarga
Pastikan bisnis Anda memenuhi standar keamanan yang tinggi terutama jika Anda mempunyai anak di rumah. Hal ini penting jika bisnis Anda berhubungan  bahan atau proses produksi  yang berbahaya bagi keluarga, seperti penggunaan bahan kimia dan zat berbahaya lainnya. Misalnya, menyimpan semua bahan kimia yang digunakan untuk membersihkan karpet atau jok. Pindahkan bahan-bahan tersebut di tempat yang aman misalnya di garasi yang luar jangkauan anak-anak.
7. Asuransi
Pelajari jasa asuransi untuk menentukan jenis pertanggungan asuransi bisnis yang Anda butuhkan. Ini adalah perencanaan yang baik untuk menentukan apa saja asuransi yang diperlukan untuk meminimalkan risiko dan melindungi bisnis Anda. Kategori Umum asuransi termasuk properti, perizinan, kewajiban, kesehatan, cacat, kompensasi pekerja, dan asuransi jiwa.
8. Legalitas / Perijinan Usaha
Pastikan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan di wilayah Anda. Kunjungi kantor pemerintah setempat Anda untuk melihat peraturan IMB atau perijinan usaha lainnya yang akan bisa mencegah Anda dari memilih lokasi tertentu. Hati-hati, perhatikan peraturan yang mengatur tanda-tanda usaha dan jenis usaha yang diizinkan di lokasi yang berbeda. Anda tidak ingin pemerintah datang mengetuk di depan pintu Anda meminta Anda untuk menghentikan operasi setelah Anda menghabiskan ribuan dekorasi dan memperlengkapi bisnis Anda!
9. Cocok Dengan Kondisi Keluarga
Pilih sebuah bisnis yang memiliki karakteristik organisasi yang kompatibel dengan diri Anda atau memilih bisnis yang cocok dengan jadwal keluarga Anda. Jika Anda memiliki bayi baru lahir di rumah dan suami Anda bekerja penuh waktu, Anda harus mencari bisnis yang akan memungkinkan Anda untuk merawat bayi Anda. Bisnis yang akan memaksa Anda untuk aktif mencari klien keluar seperti usaha real estate mungkin tidak cocok untuk Anda saat ini.
10. Kerjasama Keluarga
Buat anggota keluarga Anda terlibat dalam bisnis dan bekerja bersama-sama untuk keberhasilannya! Setiap mimpi penggabungan rumah dan kantor, karir dan keluarga menjadi perpaduan simbiosis dari kebahagiaan yang harmonis. Hal ini memang tidak mudah, tetapi ini salah satu cara agar dapat melibatkan keluarga Anda dalam bisnis rumahan. Misalnya meminta anak remaja Anda untuk membantu mendesain situs Web Anda. Pasangan Anda dapat membantu dalam bernegosiasi dengan klien Anda. Yang paling penting adalah setiap orang dalam keluarga Anda menikmati pekerjaan tersebut dan membantu keberhasilan dalam bisnis Anda.

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...