. Simulator Mengemudi

Simulator Mengemudi


Simulator mengemudi awalnya digunakan untuk hiburan (game) serta pelatihan program pendidikan pengemudi yang diajarkan di lembaga pendidikan dan bisnis swasta. Mereka juga digunakan untuk penelitian tujuan di bidang faktor manusia dan penelitian medis, untuk memantau perilaku pengemudi, kinerja, dan perhatian dan dalam industri mobil untuk merancang dan mengevaluasi kendaraan baru.

Kebutuhan akan alat latih mengemudi saat ini memang tidak bisa dipungkiri mengingat kondisi jalan raya dan teknologi otomotif sering tidak sejalan. Ide membuat alat latih mengemudi virtual sebenarnya telah muncul sejak lama. Sekitar tahun 1950-an, seorang teknisi asal Amerika Serikat bernama Conkling Chedister membuat simulator berjuluk Aetna Roadometer. Bentuk dasarnya tidak jauh berbeda dengan simulator masa kini. Bedanya hanya saat itu lebih berat dan kurang interaktif. Jadi pengguna hanya duduk dan dihadapkan pada sebuah layar menampilkan video keadaan jalan raya. Pada prosesnya, reaksi berkendara mereka harus menyesuaikan rintangan sesuai skenario di dalam tayangan itu

Penggunaan
Simulator mengemudi awalnya dipergunakan untuk melatih seseorang agar mampu mengendarai mobil di seluruh dunia, dalam perkembangannya Simulator Mengemudi dipergunakan berbagai keperluan pelatihan mengemudi dalam kondisi mengemudi kritis, analisis perilaku mengemudi, tanggapan pengemudi dan kinerja pengguna mobil. Di beberapa negar simulator mengemudi dipergunakan untuk ujian mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM) seperti yang akan diterapkan di Indonesia.
Penelitian telah menunjukkan bahwa simulator mengemudi terbukti sangat baik sebagai alat pendidikan praktis dan efektif untuk memberikan pelatihan teknik mengemudi yang aman untuk semua sopir. Ada berbagai jenis simulator mengemudi yang sedang digunakan seperti simulator kereta api, bus simulator, simulator mobil, truk simulator dll

Jenis
  • Simulator desain modular:
Jenis ini dapat dikonfigurasi untuk digunakan sebagai traktor / trailer truk, dump truk dan kendaraan konstruksi lainnya, bandara yang dioperasikan kendaraan, tanggap darurat dan kendaraan polisi mengejar, bus, kereta api kereta bawah tanah, kendaraan penumpang, dan peralatan berat seperti sebagai crane. 


  • Stasiun simulator mengemudi multi:
Jenis simulator memungkinkan seseorang untuk melatih instruktur driver lebih dalam waktu terbatas. Sistem ini dilengkapi dengan stasiun instruktur yang memungkinkan kontrol terpusat dari semua stasiun mengemudi. Keuntungan dari jenis sistem adalah seorang pelatih dapat membimbing beberapa siswa mengemudi pada saat yang sama sehingga menghemat waktu dan mengurangi biaya. 


  • Simulator Balab
Simulasi balap adalah istilah kolektif untuk perangkat lunak komputer (yaitu permainan simulasi kendaraan ) yang mencoba untuk secara akurat mensimulasikan balap mobil (sebuah video game balap ), lengkap dengan dunia nyata variabel seperti penggunaan bahan bakar, kerusakan, keausan ban dan pegangan , dan suspensi pengaturan. Untuk dapat bersaing dalam balap sim, sopir harus memahami semua aspek penanganan mobil yang membuat dunia nyata balap begitu sulit, seperti ambang batas pengereman , cara mempertahankan kontrol mobil sebagai ban kehilangan traksi, dan bagaimana benar untuk masuk dan keluar tikungan tanpa mengorbankan kecepatan. Ini adalah tingkat kesulitan yang membedakan balap sim dari " arcade "mengemudi permainan di mana dunia nyata variabel yang diambil dari persamaan dan tujuan utama adalah untuk menciptakan rasa kecepatan yang bertentangan dengan rasa realisme.
Simulator yang lain adalah mesin yang sangat canggih yang Anda mungkin menemukan di pabrik F1. Biasanya mereka dibangun untuk menciptakan sampai batas maksimum pengalaman sopir saat mengemudi mobil, duduk dalam tabung balap nyata. Lebih lanjut pada subjek berasal dari Ferrari:
 




Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...