Kualitas dalam batu permata berwarna
Munculnya permata berwarna adalah kombinasi dari banyak faktor yang terpisah, masing-masing yang berkaitan dengan, dan dipengaruhi oleh, yang lain. Justru kompleksitas hubungan ini terjalin yang telah membingungkan semua upaya untuk mengukur kualitas. Namun, setiap kali dealer membeli permata, analisis mental yang cepat dibuat, biasanya dalam hitungan detik. Dalam kadar permata apapun, seseorang harus menyadari, tetapi tidak menjadi hilang dalam, rincian. Ketika semua hal-hal kecil telah meneliti tak terhingga, mengambil langkah mundur dan hanya melihat permata. Dalam usia mikroskop bertenaga tinggi ini mungkin merupakan konsep radikal, tapi satu yang diperlukan.
Menentukan kualitas batu permata melibatkan apa perhiasan sebut sebagai Mereka adalah sebagai berikut "empat C.":
- Color (Warna)
- Clarity (Kejelasan)
- Cut (irisan potongan)
- Carat (Ukuran berat batu)
Untuk ini, kita juga bisa menambahkan C kelima, Warna
Sementara faktor-faktor ini didefinisikan dengan baik untuk berlian, tidak ada sistem universal diterima ada untuk permata berwarna.
Warna: Pertama C
Untuk batu berwarna (setiap permata selain berlian), warna adalah faktor yang paling penting dalam menentukan kualitas.
Untuk ilmuwan warna, diberi buram, objek matt jadi, ada tiga dimensi warna:
- Posisi Hue
- Saturasi (intensitas)
- Nada (terang atau gelap)
Untuk batu permata berwarna, ada juga faktor keempat:
- Cakupan warna
Posisi Hue
Posisi warna pada roda warna, yaitu, merah, oranye, kuning, hijau, biru dan ungu. Ungu adalah penengah antara merah dan ungu. Putih dan hitam yang benar-benar kurang warna, dan dengan demikian akromatik ('tanpa warna'). Brown tidak rona dalam dirinya sendiri, tetapi mencakup berbagai warna kejenuhan rendah (dan kegelapan sering tinggi). Cokelat klasik jatuh kuning untuk warna oranye.
Secara umum, permata dengan warna yang paling mirip dengan merah, hijau dan biru (RGB) sensor di mata kita yang paling populer. Dengan demikian berwarna permata trinitas, ruby, emerald dan safir. Tapi ada banyak tentang rona itu adalah pilihan pribadi dan akan tergantung pada selera pribadi seseorang.
Tiga permata hijau, menunjukkan variasi dalam posisi rona. Batu bulat center hijau lurus, sedangkan batu triliun-potong di sebelah kiri adalah lebih hijau kekuningan dan batu oval di sebelah kanan hijau sedikit kebiruan. Secara umum, posisi hue adalah kurang penting dibandingkan kejenuhan. Foto: Wimon Manorotkul |
Saturasi (intensitas)
Kekayaan warna, atau sejauh mana warna bervariasi dari achromaticity (putih dan hitam adalah dua warna akromatik, masing-masing benar-benar kurang rona). Ketika berhadapan dengan permata dari posisi hue dasar yang sama (yaitu , rubi, yang semuanya pada dasarnya merah rona), perbedaan kualitas warna terutama terkait dengan perbedaan dalam kejenuhan, karena manusia cenderung lebih tertarik sangat jenuh warna. The fluoresensi merah yang kuat dari sebagian besar batu rubi (pengecualian menjadi orang-orang dari Thailand / Kamboja wilayah perbatasan) merupakan dorongan ditambahkan ke saturasi, supercharging melewati permata lain yang tidak memiliki efek.
Empat safir biru yang menunjukkan variasi dalam kejenuhan dan nada. Batu 1 memiliki nada ringan dan saturasi rendah. Batu 2 dekat dengan ideal dalam kedua nada dan saturasi. Batu 3 memiliki saturasi yang lebih besar dari Batu 2 di beberapa daerah, namun nada keseluruhan terlalu gelap dan itu menunjukkan terlalu banyak kepunahan. Batu 4 begitu gelap dalam nada yang jenuh berkurang. Perhatikan bahwa inklusi jauh lebih terlihat dalam batu nada ringan daripada warna gelap. Foto: Wimon Manorotkul |
Nada
Tingkat terang atau gelap warna, sebagai fungsi dari jumlah cahaya yang diserap. Putih akan memiliki 0% kegelapan dan hitam 100%. Pada saturasi maksimal, beberapa warna yang alami lebih gelap daripada yang lain. Misalnya, violet kaya lebih gelap dari bahkan yang paling sangat jenuh kuning, sedangkan saturasi tertinggi merah dan hijau cenderung kegelapan yang sama. Perhatikan bahwa sebagai saturasi meningkat, demikian juga tidak tone (karena lebih banyak cahaya yang diserap. Namun, ada mencapai titik di mana peningkatan nada dapat mengakibatkan penurunan saturasi, sebagai warna "menghitamkan." Ketika menilai kualitas permata berwarna, nada adalah suatu pertimbangan penting.
Sebelum membeli, itu selalu merupakan ide yang baik untuk mempertimbangkan kondisi pencahayaan di mana itu akan dipakai.
Carilah batu yang terlihat baik bahkan di bawah kondisi pencahayaan rendah Anda temukan di malam hari atau di restoran, untuk ini biasanya kondisi di mana permata halus dipakai dan dilihat.
Juga melihat permata di lengan panjang dan mencari orang-orang yang menarik bahkan di kejauhan. Permata yang luar biasa akan terlihat bagus dalam semua kondisi pencahayaan dan jarak pandang.
Kejelasan: The Second C
Kejelasan dinilai dengan mengacu pada inklusi.
Pembesaran dapat digunakan untuk mencari inklusi, namun dengan pengecualian inklusi yang mungkin berdampak daya tahan, hanya mereka terlihat dengan mata telanjang harus mempengaruhi nilai akhir.
Dengan cara ini, permata berwarna sangat berbeda dari berlian. Memang, dalam kasus-kasus tertentu (Kashmir safir menjadi contoh klasik), inklusi dapat benar-benar meningkatkan keindahan dan nilai.
Berbagai tingkat kejelasan yang terlihat di sini di ini garnet spessartine dari Nigeria. Batu oval di sebelah kiri adalah mata bersih, yaitu, tanpa cacat kejelasan terlihat dengan mata telanjang. Di batu tengah berbentuk buah pir, cacat kejelasan jelas terlihat, sedangkan pada batu triliun berbentuk di sebelah kanan, mereka bahkan lebih jelas. Foto: Wimon Manorotkul |
Ada dua faktor kunci dalam menilai kejelasan. Ini adalah:
Visibilitas inklusi
- Ukuran: kecil inklusi kurang mengganggu, dan dengan demikian, lebih baik.
- Nomor: Umumnya, semakin sedikit inklusi, semakin baik.
- Kontras: Inklusi kontras rendah (dibandingkan dengan permata itu RI dan warna) kurang terlihat, dan dengan demikian, lebih baik.
- Lokasi: Inklusi di lokasi mencolok (misalnya, dekat korset daripada langsung di bawah meja segi) mempengaruhi nilai kurang. Demikian pula, bulu tegak lurus ke meja kurang mungkin dilihat
Dampak terhadap ketahanan
- Jenis: retak sembuh mungkin tidak hanya sedap dipandang, tetapi juga menurunkan resistensi permata untuk kerusakan. Mereka dengan demikian kurang diinginkan daripada fraktur baik-sembuh. Seperti telah disebutkan, jumlah kecil dari sutra exsolved dapat benar-benar meningkatkan penampilan permata, dan dengan demikian, nilai.
- Lokasi: Sebuah celah dekat culet atau sudut jelas akan meningkatkan kemungkinan kerusakan lebih dari satu sumur ke permata. Demikian pula, fraktur terbuka pada mahkota lebih mungkin untuk chip dari satu di paviliun. Inklusi di posisi tertentu juga mungkin mencerminkan, membuat inklusi tunggal terlihat di seluruh permata.
Perhatikan bahwa cabochon-potong permata umumnya memiliki kejelasan lebih miskin dari segi permata. Hal ini karena inklusi lebih terlihat dalam batu segi dibandingkan taksi. (Kembali ke atas)
Potong ('membuat'): The Third C
Fungsi dipotong adalah untuk menampilkan permata keindahan yang melekat semaksimal mungkin. Karena ini melibatkan preferensi estetika yang di atasnya ada kesepakatan kecil, seperti bentuk dan gaya faceting, ini adalah yang paling subjektif dari semua aspek analisis kualitas.
Fungsi dipotong adalah untuk menampilkan permata keindahan yang melekat semaksimal mungkin. Karena ini melibatkan preferensi estetika yang di atasnya ada kesepakatan kecil, seperti bentuk dan gaya faceting, ini adalah yang paling subjektif dari semua aspek analisis kualitas.
Bagian-bagian dari permata faceted. Foto: Wimon Manorotkul |
Evaluasi potong melibatkan lima faktor utama (tanpa urutan tertentu):
- Bentuk
- Gaya pemotongan
- Ukuran
- Simetri
- Selesai
Shape
Hal ini menggambarkan garis korset dari permata, yaitu bulat, oval, bantal, zamrud, dll Sementara preferensi di daerah ini sebagian besar merupakan pilihan pribadi, karena permintaan pasar dan hasil pemotongan, bentuk tertentu mengambil premi. Bagi kebanyakan berwarna batu, oval dan bantal adalah norma.Putaran dan bentuk zamrud yang lebih jarang, dan menerima premi dari sekitar 10-20% di atas harga oval. Pir dan marquises kurang diinginkan, dan perdagangan sekitar 10-20% kurang dari oval dari kualitas yang sama.Bentuk potongan permata hampir selalu berhubungan dengan bentuk asli kasar. Dengan demikian prevalensi bentuk tertentu, seperti oval, yang memungkinkan retensi bobot terbesar.
Bentuk (korset garis). Ilustrasi © RW Hughes |
Pemotongan gaya
Gaya cutting (pola segi) juga merupakan pilihan yang agak subjektif. Sekali lagi, karena permintaan pasar, kecepatan manufaktur dan hasil pemotongan, gaya tertentu dipotong dapat mengambil premi.Campuran cut (brilian mahkota / langkah paviliun) adalah standar pasar untuk ruby dan safir, sedangkan langkah (zamrud) dipotong adalah standar untuk zamrud.
Proporsi
The faceted dipotong dirancang untuk menciptakan kecemerlangan maksimum dan kilau dengan cara yang paling simetris menyenangkan. Faceted permata memiliki dua bagian, mahkota dan paviliun.Pekerjaan mahkota adalah untuk menangkap cahaya dan membuat kilau (dan dispersi, dalam kasus berlian), sedangkan paviliun bertanggung jawab untuk kedua kecemerlangan dan kilau. Secara umum, ketika ketinggian mahkota terlalu rendah, permata tidak memiliki kilauan. Paviliun dangkal membuat jendela, sementara paviliun terlalu mendalam membuat kepunahan. Sekali lagi, proporsi sering ditentukan oleh bentuk bahan kasar. Jadi untuk menghemat berat, bahan Sri Lanka (yang biasanya terjadi pada bipyramids heksagonal berbentuk gelendong) umumnya dipotong dengan paviliun terlalu dalam, sedangkan Thailand / rubi Kamboja (yang terjadi sebagai tipis, kristal tabular) seringkali terlalu dangkal.
- Persentase Depth: Dalam upaya untuk mengukur proporsi permata ini, referensi sering dibuat untuk persentase mendalam. Ini dihitung dengan mengambil kedalaman dan membaginya dengan diameter korset (atau rata-rata diameter, dalam kasus batu non-bulat).Rentang diterima umumnya 60-80%.
- Panjang-to-lebar rasio: pengukuran lain yang digunakan untuk batu non-putaran adalah panjang-to-lebar rasio. Terlalu sempit atau lebar permata bentuk tertentu umumnya tidak diinginkan.
Jika permata dipotong terlalu dangkal, cahaya akan melewati langsung melalui, daripada kembali ke mata sebagai kecemerlangan. Hal ini disebut sebagai "jendela" (kanan). Dalam permata yang dipotong, sebagian besar kembali cahaya sebagai kecemerlangan (kiri). Daerah brilian adalah mereka menunjukkan refleksi terang. Kepunahan digunakan untuk menggambarkan daerah gelap di mana sedikit atau tidak ada pengembalian cahaya untuk mata. Foto: Wimon Manorotkul |
Simetri
Seperti produk halus-crafted, permata yang dipotong menampilkan perhatian terhadap detail yang jelas. Kegagalan untuk mengambil bukti perawatan yang tepat itu sendiri dalam berbagai cara, termasuk yang berikut:
|
|
Finish
Kurangnya perawatan di departemen finish kurang dari masalah daripada cacat simetri utama di atas, karena biasanya dapat diperbaiki dengan repolishing sederhana. Cacat Finish meliputi:
- Aspek tidak bertemu di titik
- Aspek cacat
- Persimpangan segi Rounded
- Polish miskin (tanda polishing jelas atau goresan)
Kilau ('sparkle')
Ini merupakan faktor penting dalam batu faceted. Permata dipotong dengan halus, berbentuk kerucut paviliun bisa menampilkan kecemerlangan penuh, tetapi akan kurang kilau. Dengan demikian penggunaan aspek kecil untuk membuat kilauan sebagai permata, cahaya atau mata dipindahkan.Secara umum, permata besar membutuhkan lebih aspek; permata kecil harus memiliki kurang, untuk refleksi kecil tidak dapat secara individual dibedakan oleh mata (yang mengakibatkan penampilan kabur).
Dispersi ('api')
Ini melibatkan pemisahan cahaya putih menjadi warna spektral saat melewati permukaan non-paralel (seperti prisma). Sementara berlian menunjukkan properti ini untuk efek yang besar, dengan sebagian besar batu berwarna, dispersi mereka terlalu rendah dan efek masking dari warna tubuh yang kaya begitu tinggi, sehingga umumnya tidak faktor. Pengecualian adalah permata seperti demantoid garnet, grandite garnet dari Mali dan sphene. Dalam permata seperti ini, warna tubuh lemah dapat benar-benar diinginkan, membuat api lebih terlihat.
Menyimpulkan dipotong.
Sementara panduan ini mungkin berguna, seseorang tidak harus menjadi budak mereka. Pada dasarnya, cut harus menampilkan keindahan permata untuk keuntungan terbaik, sementara tidak menyajikan pengaturan atau daya tahan masalah. Jika permata indah dipotong, hal-hal seperti persentase kedalaman atau panjang-to-lebar rasio materi tidak sedikit. Apa yang bekerja, bekerja. Mata, pikiran dan hati adalah arbiter akhir, bukan angka.
Satu catatan terakhir tentang dipotong. Permata berwarna yang paling mahal (berlian terutama berwarna dan rubi) sering menampilkan proporsi cacat dan simetri. Hal ini karena nilai bahan yang begitu tinggi sehingga cutter berusaha untuk menyimpan setiap titik berat. (Kembali ke atas)
Satu catatan terakhir tentang dipotong. Permata berwarna yang paling mahal (berlian terutama berwarna dan rubi) sering menampilkan proporsi cacat dan simetri. Hal ini karena nilai bahan yang begitu tinggi sehingga cutter berusaha untuk menyimpan setiap titik berat. (Kembali ke atas)
|
Carat Weight: The Fourth C
Berat di permata dihitung karat metrik, di mana lima karat sama dengan satu gram. Secara umum, seperti meningkatkan berat badan permata, sehingga tidak harga per karat. Hubungan tersebut telah lama dikenal, dan pertama kali dihitung oleh Villafane tahun 1572, untuk berlian. Hari ini paling sering disebut sebagai 'Hukum India' atau 'Tavernier Hukum', dan bekerja sebagai berikut:
Berat di permata dihitung karat metrik, di mana lima karat sama dengan satu gram. Secara umum, seperti meningkatkan berat badan permata, sehingga tidak harga per karat. Hubungan tersebut telah lama dikenal, dan pertama kali dihitung oleh Villafane tahun 1572, untuk berlian. Hari ini paling sering disebut sebagai 'Hukum India' atau 'Tavernier Hukum', dan bekerja sebagai berikut:
Wt 2 x C = harga per batu
Berat permata = 5 ct (Wt)
Biaya permata 1-ct kualitas yang sama = $ 1000 (C)
5 x 5 x 1.000 = $ 25.000 Total harga batu
Berat permata = 5 ct (Wt)
Biaya permata 1-ct kualitas yang sama = $ 1000 (C)
5 x 5 x 1.000 = $ 25.000 Total harga batu
Berikut ini adalah cara harga permata mungkin meningkat dengan formula ini diterapkan dengan menggunakan harga dasar $ 1000 / ct.
Berat |
Total harga batu
|
1 ct |
$ 1.000
|
2 ct |
$ 4.000
|
3 ct |
$ 9.000
|
4 ct |
$ 16.000
|
5 ct. |
$ 25.000
|
10 ct. |
$ 100.000
|
Sayangnya, hal-hal yang tidak begitu sederhana, bahkan untuk berlian dalam waktu Tavernier. Hukum tidak bisa secara akurat memprediksi harga berlian di bawah 1 ct, dan ada juga masalah dengan batu yang sangat besar. Tetapi tidak memberikan gambaran umum tentang bagaimana harga meningkat dengan ukuran. (kembali ke atas)
Warna cakupan: The Fifth C
Dengan permata, kita tidak berurusan dengan buram, benda-matt finish warna seragam. Sehingga tidak cukup hanya menggambarkan posisi hue, saturation dan kegelapan. Kita juga harus menggambarkan cakupan warna, kilau dan dispersi.
Dengan permata, kita tidak berurusan dengan buram, benda-matt finish warna seragam. Sehingga tidak cukup hanya menggambarkan posisi hue, saturation dan kegelapan. Kita juga harus menggambarkan cakupan warna, kilau dan dispersi.
Perbedaan proporsi, inklusi, transparansi, fluoresensi, pemotongan, zonasi dan Pleochroism dapat menghasilkan perbedaan besar dalam jangkauan warna permata, batu terutama segi. Permata dengan tingkat tinggi cakupan warna adalah satu di mana warna saturasi tinggi terlihat di sebagian besar wajah dalam posisi tampilan normal. Kecil-hamburan cahaya inklusi, seperti rutil sutra, benar-benar dapat meningkatkan cakupan, dan dengan demikian penampilan, dengan hamburan cahaya ke daerah itu tidak akan dinyatakan menyerang.Efek akhirnya adalah untuk memberikan permata hangat, beludru penampilan (Kashmir safir terkenal ini).Fluoresensi merah di ruby meningkatkan ini lebih jauh.
Cakupan warna dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk proporsi, fluoresensi dan inklusi. Babak spinel merah Burma di sebelah kiri adalah sangat neon dan emisi merah menambah kekuatan ekstra untuk warna tubuh merah, menutupi kepunahan. Dengan zamrud-potong halus Kashmir safir digambarkan di sebelah kanan, cakupan warna ditingkatkan oleh adanya inklusi jarum kecil, yang menghamburkan cahaya di batu, sehingga mengurangi kepunahan. Ini adalah apa yang memberi Kashmir safir warna beludru tertandingi mereka.Perhatikan bahwa kedua permata ini memiliki warna yang sangat jenuh, membuat mereka sangat diinginkan. Foto: Wimon Manorotkul, John McLean |
Pemotongan yang tepat sangat penting untuk memaksimalkan cakupan warna. Gems memotong izin terlalu dangkal jalur cahaya hanya pendek, sehingga mengurangi kejenuhan di banyak daerah. Daerah tersebut disebut jendela. Mereka memotong terlalu dalam memungkinkan cahaya untuk keluar sisi, menciptakan daerah gelap atau hitam disebut kepunahan. Daerah yang memungkinkan refleksi internal total akan menampilkan warna yang paling sangat jenuh. Daerah ini disebut kecemerlangan.
Warna zonasi juga dapat mengurangi cakupan warna. Idealnya, tidak ada zonasi atau ketidakrataan harus hadir.
Warna zonasi juga dapat mengurangi cakupan warna. Idealnya, tidak ada zonasi atau ketidakrataan harus hadir.
Pleochroism terlihat wajah-up di beberapa permata, seperti beberapa tourmalines dan iolite. Ini biasanya muncul sebagai dua wilayah intensitas yang lebih rendah dan / atau warna sedikit berbeda di sisi berlawanan dari batu.
Efek dari Pleochroism jelas dapat dilihat di turmalin hijau oval ini. Sepanjang sumbu vertikal, warna hijau kebiruan terlihat, sementara sepanjang sumbu horisontal, warna hijau kekuningan. Ini adalah produk dari sifat bias ganda turmalin. Foto: Wimon Manorotkul |
Singkatnya, berkualitas permata akan menampilkan warna kejenuhan maksimum di sebagian besar permukaannya di semua posisi melihat. Semakin dekat permata pendekatan yang ideal ini, semakin baik cakupan warna. (kembali ke atas)
Colored Batu Grading: Seni atau Sains?
Di antara masalah sistem penilaian batu berwarna yang ada adalah bahwa model yang dipilih didasarkan pada berlian. Sementara berlian tidak berbagi sejumlah faktor berkualitas dengan batu berwarna, yang lain sebagian atau seluruhnya yang tidak pantas. Misalnya, keindahan dalam berlian sebagian besar merupakan fungsi dari kecemerlangan material dan dispersi ('api'). Setiap inklusi yang mengubah jalan cahaya dapat merugikan penampilan berlian. Kejelasan yang sempurna dengan demikian ideal. Seperti dijelaskan di atas, sangat jelas belum tentu ideal untuk ruby dan safir. Sementara patah tulang dan sebagian besar inklusi lainnya memiliki efek yang merugikan pada penampilan dan daya tahan, jumlah kecil dari inklusi terdispersi halus (seperti exsolved rutil sutra) benar-benar dapat memperbaiki penampilan permata berwarna cerah itu. Semboyan di sini adalah kecil; terlalu banyak sutra menurunkan transparansi dengan hamburan, mengurangi saturasi warna, dan dengan demikian menghasilkan warna yang lebih keabu-abuan.
Batu mulia baik sebanding dengan karya seni. Seperti lukisan, untuk menghargai itu, kita harus melihat secara keseluruhan, bukan hanya bagian. (kembali ke atas)
Di antara masalah sistem penilaian batu berwarna yang ada adalah bahwa model yang dipilih didasarkan pada berlian. Sementara berlian tidak berbagi sejumlah faktor berkualitas dengan batu berwarna, yang lain sebagian atau seluruhnya yang tidak pantas. Misalnya, keindahan dalam berlian sebagian besar merupakan fungsi dari kecemerlangan material dan dispersi ('api'). Setiap inklusi yang mengubah jalan cahaya dapat merugikan penampilan berlian. Kejelasan yang sempurna dengan demikian ideal. Seperti dijelaskan di atas, sangat jelas belum tentu ideal untuk ruby dan safir. Sementara patah tulang dan sebagian besar inklusi lainnya memiliki efek yang merugikan pada penampilan dan daya tahan, jumlah kecil dari inklusi terdispersi halus (seperti exsolved rutil sutra) benar-benar dapat memperbaiki penampilan permata berwarna cerah itu. Semboyan di sini adalah kecil; terlalu banyak sutra menurunkan transparansi dengan hamburan, mengurangi saturasi warna, dan dengan demikian menghasilkan warna yang lebih keabu-abuan.
Batu mulia baik sebanding dengan karya seni. Seperti lukisan, untuk menghargai itu, kita harus melihat secara keseluruhan, bukan hanya bagian. (kembali ke atas)
Berharga vs Semi-Precious
Pada zaman dulu, permata sering dibagi menjadi "berharga" dan "semi mulia" kategori. Batu-batu mulia adalah:
Pada zaman dulu, permata sering dibagi menjadi "berharga" dan "semi mulia" kategori. Batu-batu mulia adalah:
- Berlian
- Rubi
- Safir
- Zamrud
Batu semi mulia termasuk segala sesuatu yang lain. Sementara kategori seperti yang nyaman, mereka mengabaikan kenyataan bahwa setiap batu berharga bisa murah jika kualitasnya rendah. Selain itu, beberapa dari apa yang disebut "semi mulia" batu dapat biaya puluhan ribu dolar per karat (ParaĆba turmalin, misalnya).Jadi istilah "berharga" dan "semi mulia" memiliki arti hari ini berkaitan dengan nilai. Hari ini, adalah lebih umum untuk memisahkan permata menjadi baik berlian atau batu-batu berwarna, bukan mulia atau semi mulia.(Kembali ke atas)
Pricing Faktor: Mengapa Mereka Tidak Selalu Membuat Sense
Harga Genuine Jewels
Harga perhiasan tidak stabil. Tidak ada hukum yang mengatur harga mereka, dan tidak ada alasan mengapa harga ini seharusnya tidak berfluktuasi dengan waktu dan tempat. Setiap negara, setiap negara membawa marah sendiri. Selanjutnya, pada satu waktu bangsawan mulai menjual mereka dan orang lain, untuk saham mereka. Batu berlimpah pada satu waktu dan langka di lain. Hibah Tuhan menghormati beberapa dan aib orang lain.
Harga perhiasan tidak stabil. Tidak ada hukum yang mengatur harga mereka, dan tidak ada alasan mengapa harga ini seharusnya tidak berfluktuasi dengan waktu dan tempat. Setiap negara, setiap negara membawa marah sendiri. Selanjutnya, pada satu waktu bangsawan mulai menjual mereka dan orang lain, untuk saham mereka. Batu berlimpah pada satu waktu dan langka di lain. Hibah Tuhan menghormati beberapa dan aib orang lain.
al-Biruni, abad ke-11 Masehi
Kitab al-fi Ma'rifat al Jamahir-Jawahir
Kitab al-fi Ma'rifat al Jamahir-Jawahir
Salah satu misteri besar untuk pemula permata adalah hubungan antara harga dan kualitas. Dalam dunia yang sempurna, harga langsung akan berhubungan dengan kualitas / berat / kelangkaan. Sayangnya, Planet Gem jauh dari simetris. Faktor pasar dapat memiliki sebanyak, atau bahkan lebih besar, berdampak pada harga seperti halnya kualitas. Harga dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:
- Kualitas: Lebih baik kualitas yang lebih jarang daripada kualitas yang lebih rendah dari ukuran yang sama (lihat bagian sebelumnya).
- Berat: Bigger batu yang lebih langka, sehingga lebih mahal per karat daripada kualitas yang sama dengan ukuran yang lebih kecil.
- Faktor pasar: ini adalah tidak berwujud besar. Faktor pasar secara dramatis dapat mempengaruhi harga.
Faktor pasar
Hanya beberapa faktor pasar yang mempengaruhi harga termasuk:
Hanya beberapa faktor pasar yang mempengaruhi harga termasuk:
- Penawaran pasar vs demand: Produk yang berlimpah dan / atau permintaan yang rendah akan lebih murah daripada mereka yang jarang dan / atau permintaan yang tinggi.
- Situasi keuangan penjual: Penjual yang membutuhkan uang akan jelas lebih fleksibel pada harga. Demikian pula, mereka yang tidak membutuhkan kurang bersedia untuk mengurangi harga mereka.
- Biaya overhead bisnis Penjual: Harga dapat bervariasi secara dramatis tergantung pada biaya overhead penjual. Secangkir kopi yang dibeli oleh pedagang kaki lima mungkin biaya hanya beberapa sen; cangkir yang sama kopi di sebuah hotel bintang 5 di kota yang sama mungkin biaya 10-20 kali lebih, karena overhead hotel tinggi.
- Situasi keuangan Pembeli: Pembeli yang bisnis yang makmur sering bersedia membayar harga yang lebih tinggi.
- Prospek penjualan Pembeli: Pembeli yang memiliki pelanggan menunggu item sering bersedia membayar harga yang lebih tinggi.
- Hubungan pribadi pembeli / penjual: Tidak ada yang suka melakukan bisnis dengan orang-orang bahagia atau kasar. Ketika pembeli dan penjual menikmati perusahaan satu sama lain, mereka sering membuat ketentuan khusus untuk satu sama lain.
- Situasi pribadi sekitar penjualan: Penulis telah melihat pembeli membayar harga atas rata-rata untuk barang-barang untuk berbagai alasan. Ini telah berkisar dari mencoba untuk mengesankan pacar seseorang, untuk membeli sesuatu hanya untuk mencegah pesaing dari pembelian barang yang sama. (Kembali ke atas)
Pencahayaan dapat memiliki efek dramatis pada penampilan setiap permata berwarna.Lampu pijar (kiri) kaya akan panjang gelombang merah, oranye dan kuning dan dengan demikian mendorong warna obyek ke arah itu. Sebaliknya, skylight (kanan) lebih seimbang, mendorong warna dalam arah yang berlawanan. (Ilustrasi: Minolta) |
Pengaruh pencahayaan pada warna
Dengan batu permata berwarna, warna yang terlihat tergantung pada sumber cahaya yang digunakan untuk menerangi itu.Seiring waktu, dealer permata datang untuk bergantung pada skylight untuk permata pembelian mereka. Keuntungan utama adalah kekuatan, yang kejam mengungkapkan kelemahan.Jumlah cahaya yang datang melalui bahkan jendela sederhana berukuran jauh lebih besar daripada yang terkuat, warna seimbang neon (atau tabung). Faktor lain tampaknya menjadi daerah radiasi besar, bila dibandingkan dengan lampu yang paling buatan.
Latitude juga dapat mempengaruhi warna batu, hanya karena skylight lebih kuat di daerah tropis. Akibatnya, permata dibeli di daerah tropis akan terlihat sedikit lebih gelap ketika dibawa ke iklim yang lebih beriklim sedang. Ini adalah sedikit, namun demikian, perbedaan yang nyata. Anehnya, skylight utara (atau langit selatan di belahan bumi selatan) sebenarnya lebih kuat pada hari berawan.
Faktor lain adalah pergeseran Purkinje. Dalam cahaya terang, mata lebih sensitif terhadap warna merah; sebaliknya, dalam cahaya redup mata lebih sensitif terhadap cahaya biru-violet. Jadi warna biru safir akan sedikit ditingkatkan dalam pencahayaan redup.
Dengan batu permata berwarna, warna yang terlihat tergantung pada sumber cahaya yang digunakan untuk menerangi itu.Seiring waktu, dealer permata datang untuk bergantung pada skylight untuk permata pembelian mereka. Keuntungan utama adalah kekuatan, yang kejam mengungkapkan kelemahan.Jumlah cahaya yang datang melalui bahkan jendela sederhana berukuran jauh lebih besar daripada yang terkuat, warna seimbang neon (atau tabung). Faktor lain tampaknya menjadi daerah radiasi besar, bila dibandingkan dengan lampu yang paling buatan.
Latitude juga dapat mempengaruhi warna batu, hanya karena skylight lebih kuat di daerah tropis. Akibatnya, permata dibeli di daerah tropis akan terlihat sedikit lebih gelap ketika dibawa ke iklim yang lebih beriklim sedang. Ini adalah sedikit, namun demikian, perbedaan yang nyata. Anehnya, skylight utara (atau langit selatan di belahan bumi selatan) sebenarnya lebih kuat pada hari berawan.
Faktor lain adalah pergeseran Purkinje. Dalam cahaya terang, mata lebih sensitif terhadap warna merah; sebaliknya, dalam cahaya redup mata lebih sensitif terhadap cahaya biru-violet. Jadi warna biru safir akan sedikit ditingkatkan dalam pencahayaan redup.
Pertanyaan skylight utara. Daylight Utara (skylight, sebagai lawan sinar matahari langsung) telah menjadi standar, karena menghasilkan sedikit silau, tetapi ketaatan buta terhadap dogma Gemological tersebut sama buruknya dengan kepatuhan buta dogma agama. Jika Anda tinggal di utara Tropic of Cancer (Eropa, Amerika Utara, Jepang, Cina, dan lain-lain), skylight utara akan memberikan paling tidak silau sepanjang tahun, karena matahari selalu melewati bagian selatan langit. Hal ini terutama berlaku yang lebih jauh ke utara pergi. Hal sebaliknya berlaku bagi mereka yang berada di sebelah selatan Tropic of Capricorn (di belahan bumi selatan), di mana yang paling silau ditemukan menggunakan skylight selatan. Cahaya alami tidak konstan dalam komposisi spektral, tetapi bervariasi sesuai dengan garis lintang, waktu kondisi hari, awan dan polusi dan apakah atau tidak ada yang menggunakan sinar matahari langsung atau skylight.
Biasanya kita menggunakan skylight, sebagai gantinya. Skylight tersebut sebenarnya lebih biru awal dan di akhir hari. Jadi safir biru akan terlihat lebih baik pada waktu tersebut. Sebaliknya, bila dilihat dengan skylight, rubi akan melihat yang terbaik sekitar tengah hari, karena langit kurang biru.
Bagaimana dengan mereka yang tinggal di daerah tropis? Jika mereka berada di utara khatulistiwa, skylight utara yang terbaik, kecuali Mei-Juli, ketika langit selatan lebih disukai. Untuk daerah tropis di selatan khatulistiwa, skylight selatan yang terbaik, kecuali dari November-Januari, ketika langit utara lebih disukai. Dan jika Anda tinggal tepat di khatulistiwa, menggunakan skylight utara dari Oktober-Februari, dan skylight selatan dari April-Agustus. Selama bulan Maret dan September, baik utara maupun selatan skylight dapat digunakan.
Bagaimana dengan mereka yang tinggal di daerah tropis? Jika mereka berada di utara khatulistiwa, skylight utara yang terbaik, kecuali Mei-Juli, ketika langit selatan lebih disukai. Untuk daerah tropis di selatan khatulistiwa, skylight selatan yang terbaik, kecuali dari November-Januari, ketika langit utara lebih disukai. Dan jika Anda tinggal tepat di khatulistiwa, menggunakan skylight utara dari Oktober-Februari, dan skylight selatan dari April-Agustus. Selama bulan Maret dan September, baik utara maupun selatan skylight dapat digunakan.
Waktu hari. Bahkan perubahan langit sepanjang hari. Secara umum, rubi (dan batu merah lainnya) mencari yang terbaik selama jam siang. Safir, sebaliknya, melihat yang terbaik di pagi hari atau sore hari. Jika Anda membeli, ini berarti bahwa batu rubi harus dibeli awal atau di akhir hari, sementara safir terbaik membeli dekat tengah hari, sehingga mencegah kejutan ketika batu itu diperiksa di bawah kondisi pencahayaan yang lain.
Di atas adalah berbeda dengan apa yang sering dilaporkan. Sementara sinar matahari langsung jauh lebih merah saat matahari terbit dan terbenam, langit sebenarnya lebih biru. Karena kita menggunakan skylight, bukan sinar matahari langsung, untuk menerangi permata, warna biru akan ditingkatkan awal dan di akhir hari.Demikian pula, langit di siang hari kurang biru, sehingga meningkatkan warna batu rubi di tengah hari.
Di atas adalah berbeda dengan apa yang sering dilaporkan. Sementara sinar matahari langsung jauh lebih merah saat matahari terbit dan terbenam, langit sebenarnya lebih biru. Karena kita menggunakan skylight, bukan sinar matahari langsung, untuk menerangi permata, warna biru akan ditingkatkan awal dan di akhir hari.Demikian pula, langit di siang hari kurang biru, sehingga meningkatkan warna batu rubi di tengah hari.
Cuaca dan polusi. Bagaimana awan atau polusi dapat mempengaruhi warna? Berat-tercemar atau langit mendung akan menghasilkan lebih keabu-abuan (kurang biru) skylight, sehingga meningkatkan penampilan batu rubi (sebagai lawan safir).
Pencahayaan buatan. Beberapa jenis cahaya buatan jelas jawaban untuk menetralkan faktor di atas.Banyak dealer saat melakukan pembelian mereka di bawah lampu siang hari khusus yang dirancang untuk mensimulasikan siang hari utara sejati, dengan suhu warna sekitar 5000-6100 ° Kelvin. Secara umum, sedangkan keseimbangan warna mereka mirip dengan siang hari utara, tabung neon digunakan menderita output cahaya rendah. Sebuah 20-watt daylight fluorescent tube pada jarak 30 cm menghasilkan sekitar 1000 lux pencahayaan, sedangkan jendela yang menghadap ke utara di Bangkok rata-rata 6000 lux. (Kembali ke atas)
Melihat geometri & latar belakang
Gems dirancang untuk dipasang di perhiasan dan dilihat dari sudut yang telah ditentukan. Hal ini umumnya menghadapi-up, dengan permata dilihat dalam 180 ° busur dari korset korset. Jadi itu hanya logis bahwa semua penentuan kualitas dilakukan dengan mata telanjang di bawah geometri pengamatan yang sama. Adalah penting bahwa permata diputar melalui 360 ° pada bidang korset, sehingga penampilannya terlihat dari semua sudut, seperti itu akan menjadi saat dipasang di perhiasan. Untuk memastikan reproduktifitas dan pengulangan, sumber cahaya standar terhadap standar, latar belakang netral (putih terbaik) pada jarak standar harus digunakan. Praktek di diamond grading menilai warna tubuh melalui aspek paviliun adalah kegilaan, dan tidak memiliki tempat dalam berwarna gradasi batu.
Gems dirancang untuk dipasang di perhiasan dan dilihat dari sudut yang telah ditentukan. Hal ini umumnya menghadapi-up, dengan permata dilihat dalam 180 ° busur dari korset korset. Jadi itu hanya logis bahwa semua penentuan kualitas dilakukan dengan mata telanjang di bawah geometri pengamatan yang sama. Adalah penting bahwa permata diputar melalui 360 ° pada bidang korset, sehingga penampilannya terlihat dari semua sudut, seperti itu akan menjadi saat dipasang di perhiasan. Untuk memastikan reproduktifitas dan pengulangan, sumber cahaya standar terhadap standar, latar belakang netral (putih terbaik) pada jarak standar harus digunakan. Praktek di diamond grading menilai warna tubuh melalui aspek paviliun adalah kegilaan, dan tidak memiliki tempat dalam berwarna gradasi batu.
Pemeriksaan latar belakang | ||
Ketika Anda memeriksa batu permata berwarna, bertindak seperti polisi - selalu melakukan pemeriksaan latar belakang.
Warna latar belakang terhadap yang permata diperiksa dapat memiliki pengaruh besar pada warna. Itulah sebabnya penambang cerdik Burma dan Thailand tradisional mempersembahkan rubi kepada pembeli di piring kuningan atau meja puncak kuning. Warna latar belakang kuning counter warna kebiru-biruan yang biasa hadir di ruby, membuat permata tampil lebih merah.Makalah batu plastik berlapis kuning atau pinset kuningan melayani tujuan yang sama. Jangan bodoh. Untuk menilai warna, latar belakang putih polos yang terbaik.
|
Ringkasan kualitas
Sekali lagi, penampilan permata berwarna adalah kombinasi dari banyak faktor yang terpisah, masing-masing yang berkaitan dengan, dan dipengaruhi oleh, yang lain. Justru kompleksitas hubungan ini terjalin yang telah membingungkan usaha-usaha sebelumnya untuk mengukur kualitas. Namun, setiap kali dealer membeli permata, analisis mental yang cepat dibuat, biasanya dalam hitungan detik.Dalam kadar permata apapun, seseorang harus menyadari, tetapi tidak menjadi hilang dalam, rincian.Ketika semua hal-hal kecil telah meneliti infinitum iklan, membosankan, mengambil langkah mundur dan hanya melihat permata. Dalam usia mikroskop bertenaga tinggi ini mungkin merupakan konsep radikal, tapi satu yang diperlukan.
Sumber: www.palagems.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar