. Bagaimana Edward Snowden Harus Besembunyi?

Bagaimana Edward Snowden Harus Besembunyi?



Edward Snowden, karyawan CIA mantan yang membocorkan dokumen-dokumen rahasia tentang program pengintaian AS. Surat kabar Inggris Guardian yang terbit di London dan surat kabar Amerika Washington Post mengungkapkan bahwa seorang warga Amerika berusia 29-tahun yang bekerja sebagai kontraktor pada badan keamanan nasional Amerika, atau NSA, adalah orang yang membocorkan rahasia pemantauan hubungan elektronik yang dilakukan oleh badan intelijen Amerika itu.

Kata laporan surat kabar itu, pengungkapan identitas dan nama Edward Snowden itu dilakukan atas permintaannya sendiri. Surat kabar Guardian mengutip Snowden mengatakan, “Tujuan saya hanyalah untuk memberi tahu rakyat Amerika tentang hal-hal yang dilakukan atas nama mereka, dan tindakan-tindakan yang akan merugikan mereka.”

Laporan-laporan yang dimuat harian Guardian dan Washington Post dalam seminggu terakhir mengungkapkan adanya dua program pemantauan yang dijalankan pemerintah Amerika. 


Bagaimana Edward Snowden mengambil langkah kedepan dari persembunyian sementara?



Salah satu kemungkinan adalah untuk mencari suaka di suatu negara yang tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Amerika Serikat - ada beberapa di Asia dengan penerbangan singkat dari Hong Kong di mana posisi ia terakhir terlihat, tempat ini jelas tidak menjamin keselamatannya.

Keberadaan Snowden masih tidak diketahui, sehari setelah ia memeriksa keluar dari sebuah hotel trendi di wilayah Cina Hong Kong . Tapi foto-foto besar wajahnya yang memercik di sebagian besar surat kabar Hong Kong dengan headline seperti " Deep Throat Jangat di HK , " dan " Most Wanted Man Breaks Dunia Tutup di Hong Kong . "

Cakupan ini cenderung meningkat kemungkinan dia diakui meskipun ia masih bisa berbaur dengan puluhan ribu kota ekspatriat dari Amerika Serikat, Inggris , Australia dan Eropa .
Departemen Kehakiman AS akan berusaha keras menangkap Dia kapanpun - langkah selanjutnya kemungkinan besar akan meminta Organisasi Polisi Pidana Internasional , atau Interpol , untuk permintaan sementara untuk menangkapnya dan dilakukan ekstradisi ke Amerika Serikat .

Dengan asumsi bahwa Snowden masih di Hong Kong , proses pengadilan untuk permintaan ekstradisi bisa memakan waktu satu tahun , dan setelah selesai akan sampai pemimpin Hong Kong , yang dikenal sebagai chief executive , untuk memutuskan menyerahkan Snowden , pendapat Michael Blanchflower seorang pengacara Hong Kong dengan tiga dekade pengalaman dalam kasus ekstradisi.


Employees stand at the entrance of the Mira Hotel in Hong Kong Tuesday, June 11, 2013. Edward Snowden, an American defense contractor who said he leaked information on classified U.S. surveillance programs, checked out of the hotel on Monday and has not been seen in public in the territory.
Terlihat karyawan berdiri di pintu masuk Mira Hotel di Hong Kong Selasa, Juni 11, 2013. Edward Snowden, pihak pertahanan Amerika mengatakan bahwa ia membocorkan informasi rahasia tentang program pengawasan AS, check out dari hotel pada hari Senin dan belum pernah terlihat di depan umum sampai sekarang.

Akan tetapi semua tergantung pada keputusannya mengambil langkah perlindungan diri. Tetapi bahkan jika pihak Hongkong memungkinkan ekstradisi , buronan dapat mengambil langkah meminta Peninjauan Kembali dan dapat mengajukan banding atas melalui tiga tingkat pengadilan , kata Blanchflower .

Walaupun sebagian semiotonom Cina , bekas koloni Inggris memiliki sistem peradilan yang independen berdasarkan struktur hukum Inggris .

Salah satu pilihan untuk Snowden akan mengklaim bahwa dia adalah obyek penganiayaan politik , dan melawan masalah di pengadilan untuk menghindari ekstradisi . Dia bisa berpendapat bahwa ia akan tunduk pada perlakuan kejam dan memalukan di Amerika Serikat . Hong Kong mengubah peraturan enam bulan lalu untuk meminta pengadilan mempertimbangkan perlakuan kejam dan memalukan dan tidak hanya menyiksa ketika mempertimbangkan permintaan ekstradisi.
 
Terserah " Kepala Eksekutif untuk menentukan apakah pelanggaran adalah salah satu yang memiliki karakter politik , dalam hal ekstradisi diblokir , " kata Hong Kong pengacara berbasis , Tim Parker .

Namun, strategi tersebut membawa risiko yang cukup besar karena AS hanya bisa memberikan jaminan diplomatik bahwa ia tidak akan tunduk pada perlakuan kejam atau memalukan .

" Pada saat itu akan sulit bagi Hong Kong untuk menolak mendeportasi dia, " kata Patricia Ho , seorang pengacara Hong Kong yang mengkhususkan diri dalam suaka dan pengungsi klaim .

Edward Snowden



Tapi sebagai hal yang berdiri sekarang , tidak ada yang mencegah Snowden dari bepergian ke tujuan pilihannya - salah satu dari sedikit yurisdiksi atau negara yang tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Amerika Serikat di dekatnya.

Salah satu negara Asia tanpa perjanjian Amerika adalah China , tapi koresponden CBS News Seth Doane melaporkan beberapa analis percaya China tidak ingin merusak hubungan dengan Washington atas seseorang akan mempertimbangkan kepentingan politik sedikit . Snowden sendiri tidak memberikan indikasi bahwa dia siap untuk bekerja sama dengan dinas intelijen asing , termasuk China .

Media pemerintah China telah membatasi cakupan dari pembelotan Snowden laporan faktual , dan pada media sosial online , tempat yang relatif bebas China untuk wacana publik , komentar telah banyak diredam .

" Orang-orang di Cina yang digunakan untuk tidak memiliki keamanan dan privasi di internet , jadi ini tidak datang sebagai kejutan besar , " kata profesor jurnalisme Universitas Peking Hu Yong dalam sebuah wawancara . Media resmi , Hu mengatakan , akan " mencoba untuk tidak terlalu fokus pada bagaimana salah praktek , atau apakah leaker yang benar atau salah . Mereka akan menggunakan berita untuk menyoroti bahwa China bukan satu-satunya negara dengan praktek-praktek tersebut . "

Kemungkinan lain penerbangan Asia untuk Snowden adalah pulau berpemerintahan sendiri dari Taiwan , yang memisahkan diri dari China pada 1949 setelah perang saudara yang berkepanjangan , dan sejak tahun 1979 , tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan AS

Sebagai pengganti perjanjian ekstradisi resmi , permintaan ekstraksi Amerika ke Taiwan diperiksa pada kasus per kasus .

Seorang pejabat di de facto Kedutaan Besar AS di Taipei - Institut Amerika di Taiwan - Taiwan mengatakan secara umum koperasi pada masalah ekstradisi .

" Taipei sejauh ini cukup baik dalam menanggapi permintaan kami , " kata pejabat itu , yang berbicara dengan syarat anonim karena sensitivitas isu tersebut .

Juga , setiap upaya Snowden untuk datang ke Taiwan bisa membuktikan sangat memalukan kepada pemerintah Ma Ying - jeou , yang sementara melakukan yang terbaik untuk memperbaiki hubungan dengan China , juga berusaha untuk menjaga hubungan erat dengan Amerika Serikat , yang pendukung keamanan utama . Seorang pejabat di Kementerian Kehakiman mengatakan Selasa tidak ada indikasi sama sekali bahwa Snowden akan membuat setiap usaha untuk mendarat di pulau .

Selain banyak penerbangan dari bandara sibuk internasional Hong Kong , Snowden bisa mengambil kecepatan tinggi feri selama satu jam ke Makau , juga wilayah semiotonom Cina . Dari Macau ia bisa melompat ke provinsi Guangdong di Cina daratan .

Selain Taiwan dan China , Vietnam, Laos , Kamboja dan Korea Utara juga tujuan teoritis untuk Snowden , karena mereka tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan AS Tapi sistem komunis atau otoriter mereka berbagi tujuan membuat mereka tidak mungkin bagi seorang pria yang telah berusaha keras yang cukup besar untuk menggambarkan keputusannya untuk mengungkapkan program pengawasan Badan Keamanan Nasional sebagai tindakan hati nurani .

Di luar Asia , Snowden mungkin juga mempertimbangkan mencari suaka di negara-negara seperti Islandia dan Rusia . Menurut Kommersant harian , Moskow mengatakan pihaknya mungkin memberikan suaka. Tapi Rusia juga merupakan negara otoriter , sehingga tidak ada jaminan bahwa Snowden akan menerima tawaran yang diberikan Moskow .

Pada hari Selasa , pemerintah kontraktor Booz Allen mengumumkan bahwa mereka telah menembakkan Snowden , yang bekerja untuk perusahaan selama kurang dari tiga bulan , untuk " pelanggaran kode etik perusahaan dan kebijakan perusahaan . "

" Berita laporan bahwa orang ini mengklaim telah membocorkan informasi rahasia yang mengejutkan , dan jika akurat , tindakan ini merupakan pelanggaran berat terhadap kode etik dan nilai-nilai inti dari perusahaan kami , " kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.
Sumber: CBSNEWS

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...