. Kesultanan Sulu

Kesultanan Sulu

  1. Sekitar abad ke 6, hampir seluruh kepulauan Borneo adalah di bawah jajahan takluk Kesultanan Brunei. Seperti juga Sarawak yang rata-ratanya menjadi tanah Kuripan kepada bangsawan dan juga pembesar dari Kesultanan Brunei maka begitulah juga sebaliknya ke Sabah.
  2. Segalanya dimulai saat terjadinya perang saudara di Brunei antara Sultan Mohammad Ali dan Pengiran Bendahara Abdul Hakkul Mubin. Dikabarkan sengketa ini terjadi karena ananda Sultan Mohammad Ali dibunuh oleh Pengiran Muda Bongsu saat menyabung ayam. Sultan Mohammad Ali telah bertindak membunuh Pengiran Muda Bongsu dan ini menyebabkan Pengiran Bendahara Abdul Hakkul Mubin ingin menuntut bela dan selanjutnya mengambil alih puncak pemerintahan Sultan Mohammad Ali.
  3. Pembunuhan Sultan Mohammad Ali telah menyebabkan Pengiran Bendahara Abdul Hakkul Mubin naik tahta setelah kemangkatannya. Sebagai langkah pengamanan, Sultan Abdul Hakkul Mubin telah berpindah ke Pulau Chermin, sebuah pulau di muara Sungai Brunei. Sultan Abdul Hakkul Mubin kemudian menunjuk anak saudara Sultan Mohammad Ali sebagai Pengiran Bendahara Brunei yaitu Pengiran Muda Muhyiddin.
  4. Pengiran Muda Muhyiddin naik tahta sebagai Sultan Brunei dengan bergelar Sultan Muhyiddin setelah kemangkatan beliau. Dan saat pemerintahan Sultan Abdul Hakkul Mubin inilah pemerintah Brunei telah menghadiahkan Kesultanan Sulu yang dahulunya Adipati Brunei tetapi telah bertindak mendirikan kesultanan sendiri karena kelemahan kekaisaran kesultanan Brunei pada masa itu. Bahkan saat Sultan Abdul Hakkul Mubin memohon pertolongan malah kesultanan Sulu sanggup mengulurkan bantuan. Maka jadilah pantai Timur Borneo milik kepada Kesultanan Sulu pada tahun 1662.
  5. Pada awal tahun 1760, satu perjanjian telah ditandatangani antara Alexander Dalrymple dengan Kesultanan Sulu untuk membuka basis perdagangan Perusahaan Hindia-Timur Inggris di Pulau Balembangan. Pulau Balembangan terletak sekitar 20 mil dari utara Kudat. Kemudian nama Pulau Balembangan telah diubah menjadi Felecia Island. Setelah ditetapkan sesaat akhirnya Perusahaan Hindia-Timur Bristish pada tahun 1805 meninggalkan Pulau Balembangan karena dikatakan tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan.
  6. Pada tahun 1878, Baron Gustavus Von Overbeck, Konsul Jenderal untuk kekaisaran Austro-Hungarian yang berbasis di Hong Kong telah membuat perjanjian dengan Kesultanan Sulu untuk menyerahkan hak tanah di bawah kekuasaan Sultan Sulu kepada Perusahaan Overbeck. Perjanjian ini telah memberikan Sultan Sulu mendapat $ 5.000 setahun dari Serikat Overbeck. Nilai $ 5.000 adalah nilai dalam dolar Meksiko yang mana pada saat itu bersamaan dengan nilai emas.
  7. Pada tahun yang sama, Perusahaan Overbeck telah mengalami masalah keuangan serius dan akhirnya meminta bantuan keuangan dari Alfred Dent, seorang jutawan Inggris pada masa itu. Alfred Dent telah sanggup membantu dengan bersyarat yaitu hanya wakil Inggris diizinkan untuk menguasai bisnis di Sabah. Akhirnya Baron Gustavus Von Overbeck yang berkebangsaan Austria telah menyerahkan seluruh bisnisnya di wilayah Sabah kepada Alfred Dent untuk dikelola. Disinilah dimulainya pengaruh Serikat Berpiagam Borneo Utara keatas koloni kerajaan Sulu di Sabah.
  8. Pada tahun 1888, Perusahaan Berpiagam Borneo Utara, Negara Sarawak dan Brunei telah menandatangani perjanjian dengan Pemerintah Mahkota Inggris yaitu menjadikan ketiga negara ini menjadi negara perlindungan bagi Pemerintah Mahkota Inggris. Perjanjian ini akan memastikan bahwa tidak setiap negara di antara ketiga ini akan memperluas kekaisaran negara masing-masing dan jika terjadi sesuatu peperangan maka mereka akan membantu di antara satu sama lain.
  9. Selama Perang Dunia Ke-2 yaitu saat Jepang mulai memperluas kekuasaannya ke Asia Tenggara, Sabah juga tidak terkecuali mendapat tempias sehingga ia mengalami perusakan yang parah. Perusahaan Berpiagam Borneo Utara telah tidak mampu untuk mengembangkan Sabah pada waktu itu jadi pada tanggal 15 Juli 1946, Sabah secara resmi telah diberikan kepada Pemerintah koloni Inggris dan menjadi jajahan takluk Inggris. Sepanjang menjadi jajahan Serikat Berpiagam Borneo Utara dan juga koloni Inggris, harga pajakan Sabah selalu dibayar kepada pemerintah Sulu.
  10. Setelah Sabah merdeka pada 31 Agustus 1963 dan bergabung membentuk Federasi Malaysia bersama-sama dengan Sarawak dan Malaya dan Singapura (Singapura keluar pada tahun 1965), tugas untuk membayar kepada Pemerintah Sulu juga berpindah tangan. Saban tahun Pemerintah Federal Malaysia tetap membayar Pemerintah Sulu sebesar RM5, 300.00 (Ditambah RM300 oleh Pemerintah Malaysia) juga untuk mematuhi Perjanjian 1878. Ada klausul di dalam Perjanjian 1878 yang menyatakan bahwa sewa atas Sabah harus dibayar sehingga tidak ada matahari dan bulan ataupun pada arti sebenarnya "Penyewaan Sampai Kiamat".

1 komentar:

Anonim mengatakan...

[p]UGG 5825 Dies wird helfen, besser profitieren [url=http://www.cheapuggbootsaleonline.co.uk]cheap ugg boots sale[/url] von der holiday . Jiaobo upon Fox must be large enough fluffy enough 隆陋 this can be a manifestation [url=http://www.cheapuggbootsaleonline.co.uk]ugg boots sale clearance[/url] of feel . As we recognize, genuine sheepskin [url=http://www.cheapuggbootsaleonline.co.uk]ugg boots sale[/url] shoes from Australia are made from merino lambskin inside double layers . Later on, 1960's surfers in Australia use these boots after come together from riding icy waves [url=http://www.cheapuggbootsaleonline.co.uk]ugg boots on sale[/url] as they quite simply help them in making their feet heated . There are various styles and designs that you can find in the sandals and shoes . The platform of the boot is approximately a quarter of a strong inch . This pareticulare boot is actually classy, cozy, offers top rated and also makes your own foot seem extremely good . Most manufacturers who design shoes in a similar fashion to genuine UGG boots acknowledge that they are imitations and give the brand their own individual logo, often describing them as UGG-like boots/shoes/slippers/etc.[/p][p]It the season of all things Chrismassy at school, the Christmas fayre was a few weeks ago and it was very festive indeed and there was even a visit from Father Christmas who had his own Grotto (the Reception years classroom cubby hole done up to look like a twinkling Grotto) where the children had tickets and lined up one by one to tell him what they wanted for Christmas . So go and grab your pair of UGG bailey button today, until the stocks last . It would sound like if you tried to by a low cost UGG boot in July it may be simpler to do than in December . The Four-column connected with shox shoe in the heel present the [url=http://www.cheapuggbootsaleonline.co.uk]ugg boots uk sale[/url] excellent shock opposition . Known as Sheepskin UGG Bailey Button 5803 Boots, Cheap mUGG Boots uk tend to be probably the most comfy shoes on the supermarket . The great thing about UGG boots [url=http://www.uggbootsukcheaponline.co.uk]ugg boots clearance[/url] is they permit you the possibility to use them with a top, outfit or even together with jeans/trousers plus they nevertheless appear very fashionable . The name is important as online Nike Shox R2 customers will use that to associate with good quality online shoe shop.[/p]

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...