. Neil Armstrong Meninggal Dunia

Neil Armstrong Meninggal Dunia


Neil Armstrong, astronot yang pertama menginjakkan kaki di bulan, sebagai komandan Apollo 11, telah meninggal dunia dalam usia 82 tahun pada tanggal 25 Agustus 2012. 

Armstrong menjalani operasi jantung beberapa minggu lalu, pernyataan dari keluarganya mengatakan ia meninggal akibat komplikasi  setelah menjalani perawatan kardiovaskular.

Pada tanggal 20 Juli 1969, setengah miliar orang - seperenam dari penduduk dunia pada saat itu - menyaksikan tayangan gambar hitam-putih televisi seperti hantu, ketika Armstrong mundur menuruni tangga pendaratan kapal lunar Eagle, menapakkan kaki kirinya pada permukaan bulan, dan berkata, "Itu salah satu langkah kecil untuk seseorang, tapi juga satu lompatan raksasa bagi umat manusia".

Dua puluh menit kemudian rekan satu timnyanya, Buzz Aldrin menyusul turun menghampirinya, dan saat itu penduduk dunia menyaksikan para pria menghabiskan dua jam berikutnya berlari-lari dipermukaan bulan. Mereka mengambil sampel batuan bulan, menyiapkan eksperimen, dan mengambil foto.



Presiden Amerika Serikat Obama mengeluarkan pernyataan dari Gedung Putih:"Neil merupakan salah satu terbesar dari pahlawan Amerika bukan hanya dalam satu waktu, tapi sepanjang masa," katanya. Armstrong dan anggotanya berangkat untuk menunjukkan kepada dunia bahwa roh Amerika bisa melihat melampaui apa yang tampaknya tak terbayangkan -. Bahwa dengan kecakapan yang cukup dan kecerdikan, sesuatu yang mungkin dapat juga dilakukan".

Bibliografi Neil Amstrong

Neil Alden Armstrong (lahir di Ohio, Amerika Serikat, 5 Agustus 1930 – meninggal 25 Agustus 2012 pada umur 82 tahun) adalah seorang astronot Amerika Serikat, pilot, insinyur, profesor universitas dan pilot Angkatan Laut Amerika Serikat. Pada 20 Juli 1969, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendarat di Bulan dengan kendaraan udara kecil, yang telah dikirim ke Bulan dengan roket Saturn V dalam misi Apollo 11.

Sebelum menjadi seorang astronot, Armstrong adalah seorang perwira Angkatan Laut Amerika Serikat dan berdinas di Perang Korea. Setelah perang, ia bertugas sebagai pilot pengetes pesawat di Stasiun Penerbangan milik Komite Nasional Penasihat Penerbangan, akhir karier bertugas di Pusat Penelitian Penerbangan Dryden, dimana ia mencatatkan hampir 900 penerbangan pengetes. Ia memiliki ijazah sarjana dari Universitas Purdue dan Universitas California Selatan.

Ia berpartisipasi di program Man In Space Soonest yang diselenggarakan Angkatan Udara Amerika Serikat dan program penerbangan manusia Boeing X-20 Dyna-Soar, Armstrong bergabung dengan Korps Astronot NASA pada 1962. Penerbangan luar angkasa perdananya adalah misi Gemini 8 pada 1966, dimana ia menjadi pilot komando. Di misi ini, ia melakukan docking pertama kapal luar angkasa oleh manusia bersama pilot David Scott.

Perjalanan luar angkasa kedua dan terakhir Armstrong adalah pendaratan Apollo 11 di Bulan pada Juli 1969. Di misi tersebut, Armstrong dan Buzz Aldrin menapaki permukaan Bulan dan menghabiskan dua setengah jam disana, sementara Michael Collins mengawaki modul komando.

Presiden Richard Nixon menganugerahi Neil, dan Collins dan Aldrin, Medali Kebebasan Presidensial, disusul Medali Kehormatan Luar Angkasa Kongresional oleh Jimmy Carter pada 1978, dan Medali Emas Kongresional pada 2009.
 

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...