. PERENCANAAN USAHA

PERENCANAAN USAHA



Perencanaan Usaha

Membuka usaha baru tidak mungkin tanpa ada rencana sebelumnya. Rencana harus ada betapa pun sederhananya secara tertulis. Namun, wirausaha baru di Negara kita banyak yang tidak mau ataupun mungkin tidak mampu atau segan menulis rencana tertulis tersebut karena berbagai alasan. Perencanaan yang tidak tertulis pasti sudah ada rekayasa dalam pikiran, yaitu suatu rekayasa secara sederhana tentang jawaban dari berbagai pertanyaan antara lain, usaha apa yang akan dibuka, mengapa memilih usaha tersebut, dimana lokasinya, siapa konsumennya, darimana sumber modal, dsb.


Tampaknya wirausaha baru seperti ini cenderung melaksanakan kegiatan trial and error atau coba-coba. Seandainya gagal mereka akan beralih ke usaha yang lain. Model seperti ini banyak dijumpai dalam masyarakat bisnis kita.

Seorang pengusaha yang tidak bisa membuat perencanaan sebenarnya merencanakan kegagalan. Ungkapan ini benar, dari hasil pengamatan para pemilik perusahaan kecil yang menyisihkan waktu untuk mengkaji semua strateginya, menggunakan informasi untuk menguji kebenaran pendapatnya, dan cukup pandai mengenali kekurangan-kekurangan dirinya adalah pengusaha yang tidak mengalami kegagalan.

Sekecil apapun bisnis, harus dengan perencanaan yang diyakini membawa keberhasilan, perhatikan penjual teh, penjual nasi pecel, penjual es dll, semua usaha menggunakan perencanaan dari berbagai beberapa aspek bisnis. Perbedaan dengan usaha yang besar terletak pada tingkat kerumitan pada tiap aspek.
Suatu rencana kerja yang dibuat tertulis dan resmi guna menjalankan perusahaan (business plan) merupakan perangkat tepat untuk memegang kendali perusahaan dan menjaga agar fokus usaha perusahaan tidak menyimpang. (lihat PERENCANAAN USAHA, Azhar Enterpreneurship)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kmiyzfcv [url=http://frvuittonsoldes.webnode.fr/#1441]louis vuitton pas cherp[/url] teumvrnv sac louis vuittony esbotzcf http://frvuittonsoldes.webnode.fr/

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...