. Berpuasa Di Wilayah Ekstrem Dunia

Berpuasa Di Wilayah Ekstrem Dunia

Seekor beruang tetap bisa hidup dikutub utara, atas rancangan dan ketentuan Allah SWT.
Bulan Ramadan merupakan bulan pembinaan Iman seorang muslim untuk membentuk, mempertahankan dn meningkatkan ketaqwaan. 
Telah berlaku pula ketetntuan berpuasa kepada kaum sebelum ummat nabi Muahammad yang berbeda letak geografi sehingga durasi imsakiyah di berbagai wilayah berbeda-beda, bahkan ada yang harus menahan hasrat makan minum hingg 22 jam. 
Bagaimana seseorang menjalani puasa ketika terbitnya matahari terjadi sangat dini hari dan tenggelam sangat malam?
Hal ini menjadi pertanyaan yang dihadapi sejumlah kecil Muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan di ujung utara Eropa, di mana matahari tenggelam hanya beberapa saja, sehingga membuat puasa menjadi sangat lama.

Namun demikian tidak menjadi halangan bagi seorang muslim untuk melakukan puasa Ramadhan bila diniati lillahi ta'ala.

Waktu berpuasa ditandai dengan mulai terbit matahari sampai terbenam matahari, untuk wilayah Indonesia sendiri waktu puasa sekitar 13 jam sampai 13 jam 30 menit setiap harinya.
Namun, tahukah Anda ada beberapa negara yang memiliki durasi puasa lebih lama dari waktu tersebut? Ya, aneh memang namun perbedaan durasi tersebut disebabkan karena perputaran bumi dalam mengelilingi matahari tidaklah berjalan lurus, melainkan miring.
Penduduk Muslim Islandia misalnya, negara yang terletak di titik paling utara Eropa, berdekatan dengan kutub utara, mengalami puasa paling lama di antara penduduk muslim dunia di negara lain.
Sebuah Masjid di kutub utara

Umat Islam negara ini mengalami puasa paling panjang di antara belahan negara manapun. Mereka berpuasa selama 22 jam dalam satu harinya. Hal ini dikarenakan Ramadan tahun ini bertepatan dengan musim panas.
Setiap tahunnya, musim panas terjadi dari akhir Mei hingga akhir Juli. Matahari terbit pukul 02.30 dan baru terbenam pada 00.00 tengah malam. Inilah yang menyebabkan muslim di Islandia memiliki waktu puasa paling panjang.
Untuk durasi puasa yang paling sedikit terletak di Chili. Negara yang beribukota Santiago ini adalah salah satu negara yang letaknya paling selatan di Bumi. Penduduk muslim di negara ini menjalani ibadah puasanya sejak pukul 05.31 hingga 15.00 atau hanya sekitar 9 jam 12 menit.
Berikut daftar negara dengan durasi waktu berpuasa di seluruh dunia yang dilansir HuffingtonPost: (rz)
Ramadan2015

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...