. Pekan Ta'aruf (Ospek) Unissula Semarak Dengan Batik

Pekan Ta'aruf (Ospek) Unissula Semarak Dengan Batik

AZHARMIND.COM, Pekan Ta'aruf yang digelar Unissula adalah semacam orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) bagi mahasiswa baru seperti yang digelar perguruan-perguruan tinggi umumnya, hanya berbeda pengistilahan. Pekan Taaruf Unissula dijadwalkan berlangsung selama sepekan mulai tanggal 2-7 September 2013.

Biasanya, para mahasiswa baru yang menjalani masa ospek di perguruan-perguruan tinggi umumnya diharuskan mengenakan pakaian hitam-putih, tetapi yang unik di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang panitia ospek mewajibkan mahasiswa barunya mengenakan batik saat menjalani masa orientasi dengan tujuan menanamkan kecintaan terhadap budaya lokal. 
Wakil Rektor III Unissula Dr. H. Mustaghfirin, SH M.Hum memberikan pengarahan saat Gladi Bersih Pekan Ta,aruf Tahun Akademik 2013/2014
(Foto: Makruf)
Kebijakan budaya baju batik tersebut sudah berlaku mulai tahun sebelumnya yang diputuskan oleh Rektor Unissula Laode M. Kamaluddin. Menurut Laode, kewajiban berbatik saat mengikuti Pekan Ta'aruf' (Ospek) ditujukan untuk mengenalkan kebudayaan lokal yang dimiliki bangsa Indonesia pada mahasiswa baru, salah satunya batik warisan budaya leluhur.

Meski Unissula memiliki motto menjadi 'world class Islamic cyber university', kata dia, pihaknya tetap berupaya menanamkan kecintaan terhadap berbagai kearifan lokal yang dimiliki bangsa Indonesia.

Uki Tukinah, SH MM
Pada tahun  akademik 2013/2014 ini, menurut Uki Tukinah, SH, MM Kepala Marketing UNISSULA menyebutkan jumlah mahasiswa baru yang diterima Unissula tahun akademik saat ini mencapai sekitar 3.978 orang, jumlah ini belum termasuk mahasiswa program pascasarjana dan doctoral.

Kalau dihitung jumlah mahasiswa sedemikian banyak maka pasar busana batik dikota Semarang bakalan ramai permintaan baju batik, andaikan seluruh perguruan tinggi di Jawa Tengah meniru kebijakan yang diambil Rektor UNISSULA maka akan terjadi ledakan kebutuhan baju batik yang luar biasa. Hal ini berarti menggairahkan ekonomi sentra batik dari kota Solo dan Pekalongan. (AM)


DAFTAR PESERTA PEKAN TA'ARUF TA. 2013/2014

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...