. Mereka Bicara Tentang Taufiq Kiemas

Mereka Bicara Tentang Taufiq Kiemas


Susilo Bambang Yudoyono SBY
Taufiq Kiemas, seorang nasionalis sejati, negarawan yang berpikir jauh melewati kepentingan politik pribadinya. Dikenal sebagai suami yang setia dalam suka dan duka, mendampingi Ibu Megawati Soekarnoputri, baik sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, saat menjabat Wakil Presiden, maupun sebagai Presiden ke-lima Republik Indonesia.


Seorang yang memiliki semangat dalam bekerja dan bertanggung jawab. Bersama saya dan pimpinan lembaga negara lain mengedepankan harmoni dan kerja sama yang erat untuk bersama menjalankan amanat konstitusi. Beliau juga menyosialisasikan empat pilar yang tidak pernah surut, bahkan ketika kondisi kesehatannya menurun sekali pun.

Said Aqil Siraj
Pembawaan Taufiq sangat hangat kepada siapapun. Ia baru tahu bagaimana Taufiq memiliki diri seorang santri, setelah memperhatikan caranya salat dan membaca Alquran di Tanah Suci.

Sebagai politisi, beliau bukan rajin bicara tapi kerja. Kalau pidato tidak enak. Dia berhasil mengumpulkan pihak yang berseberangan jadi satu.

Kesan Taufiq sebagai tokoh yang menjembatani banyak orang berseberangan dirasakan Kiai Said pada satu kali memberikan ceramah. Di acara tersebut, Taufiq mampu merangkul anak mantan pimpinan Partai Komisi DN Aidit dan tokoh DI TII Kartosuwiryo.


Prabowo Subianto
Kesan saya, waktu sempat reformasi sudah hilang jabatan dan beliau yang berkuasa masih bersahabat dengan saya.
Taufiq Kiemas sempat menjemput Prabowo ketika pulang dari luar negeri. "Beliau sahabat saya yang baik,  beliau sempat jemput saya sendiri ketika saya datang dari luar negeri.
Waktu itu, kenang Prabowo, ia baru pulang dari luar negeri. Tak semua kawan mau mendekat ke mantan menantu Soeharto itu. "Beliau hatinya baik," kata dia.

Akbar Tanjung
Taufiq Kiemas,  adalah sosok penuh pengalaman di bidang politik sejak dari mahasiswa hingga wafatnya. Kegiatan politik itu telah membentuk Taufiq sebagai sosok yang sarat pengalaman.

Yang harus kita hormati dan hargai dari beliau adalah komitmennya yang tinggi terhadap perjuangan kebangsaan. Di berbagai kesempatan di manapun juga beliau selalu menegaskan tentang pentingnya empat pilar kebangsaan untuk Indonesia yang kokoh dan lebih baik. Itu merupakan kontribusi besar beliau bagi Indonesia.

Wiranto
Taufiq Kiemas masih sangat bersemangat dan jernih memaparkan ide-idenya.
Saat itu beliau memaparkan tentang pentingnya kemandirian bangsa. Beliau memaparkan dengan gamblang tentang sumber daya dan pendapatan negara. Beliau memang selalu menekankan tentang kemandirian bangsa itu. Tentu saja saya dan bangsa ini akan kehilangan beliau.

Aburizal Bakrie
Taufiq Kiemas, sosok yang baik dan bersahaja. Taufiq dikenangnya sebagai politisi yang bisa akrab dengan siapa saja, baik dan maupun lawan, tanpa membeda-bedakannya.
Siapapun disapa dengan hangat, tanpa sungkan-sungkan untuk mendahului (menyapa). Itulah kelebihan beliau. Saya merasa sangat kehilangan atas kepergian beliau ini.

Anis Mata
Taufiq Kiemas adalah guru kebangsaan bagi jajaran pemimpin negeri ini. Termasuk di dalamnya para politisi dan masyarakat umum. Mendiang telah berhasil mendinamisasi lembaga MPR dan membuktikan keseriusan dan konsistensinya memikirkan pilar kebangsaan Indonesia.

Suami Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tersebut  telah berjasa mengokohkan kesadaran akan pentingnya penerapan empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sebagai politisi, almarhum Taufiq Kiemas patut menjadi teladan dalam hal kemampuannya berada di tengah semua pihak. Mendiang mudah bergaul dan dapat diterima berbagai kalangan. Kami memiliki banyak sekali kesempatan untuk mendiskusikan bersama permasalahan bangsa kita. 

Jokowi
Jokowi mengatakan dia tak bisa melupakan satu kalimat yang diucapkan Taufiq kepadanya usai pengumuman kemenangan dia dan Ahok menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada pertengahan tahun 2012.

Saat itu, kata Jokowi, ia selaku kader PDIP dipanggil oleh Taufiq ke rumahnya. “Di sana Pak Taufiq berkata, 'Jok, aku sekarang enggak sakit lagi. Aku sudah sehat. Aku dapat obat mujarab',” kata Jokowi menirukan ucapan Taufiq, seniornya di PDIP yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pusat partai itu.

“Saya lalu bilang, 'Alhamdulillah, kalau begitu. Apa obatnya, Pak?' Dijawab Pak Taufiq, 'Obatnya kamu menang di pemilihan Gubernur Jakarta. Kamu obat paling mujarab buat saya',” Jokowi mengingat percakapannya dengan Taufiq ketika itu.

Jokowi mengatakan ia tak pernah menyangka bakal mendapat jawaban seperti itu. “Itu tak pernah terlupakan selama hidup saya. Saya sangat kaget. Ini akan saya ingat terus,” kata dia. 

H. Mursid, tetangga di Kebagusan
Sosok Taufiq Kiemas meninggalkan kesan mendalam bagi warga tempat keluarga almarhum tinggal, Jalan Kebagusan Dalam IV, RT 10/04 No 45, Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Sosok almarhum Taufiq Kiemas dikenal ramah kepada warga dan sangat dermawan. Bahkan, Taufiq Kiemas pernah memberangkatkan haji bagi sekitar 20 warga sekitar.

"Kami sangat kehilangan dia. Beliau orangnya peduli sama warga dan sangat dermawan," kata H Mursid

Menurut Mursid, karena kedermawanannya, Taufiq pernah memberangkatkan haji 20 orangtua warga sekitar pada 2004.

Tak hanya itu, setiap ada kegiatan warga, Taufiq selalu menyempatkan hadir di tengah kesibukannya sebagai Ketua MPR.

"Sedapat mungkin, walau sebentar, beliau hadir setiap ada acara-acara warga. Padahal, kami tahu beliau sibuk sebagai Ketua MPR," tutur Mursid.

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...