. PERENCANAAN USAHA

PERENCANAAN USAHA

Sebelum membangun dan memulai suatu usaha seharusnya perlu dipertimbangkan perhitungan mengenai kelayakan sebuah usaha dari berbagai aspek bisnis yang mempengaruhi kelancaran usaha tersebut. Dasar teori yang kami sajikan berawal dari pemikiran yang sederhana yaitu capital budgeting yaitu sebuah pedoman seseorang dalam mengambil keputusan masuk dalam suatu usaha yang didasarkan pada nilai tambah yang diciptakan oleh usaha tersebut.Idealnya dalam menentukan sebuah kelayakan usaha dibutuhkan masukan dari beberapa ahli yang memberikan tinjauan ilmu menajemen, teori ekonomi, teknik produksi, ilmu sosial, hukum, komunikasi dan ilmu yang berkaitan dengan persoalan atas berdirinya sebuah usaha.

Demikian juga apabila sebuah perusahaan sudah berjalan perlu dilakukan evaluasi berbagai aspek untuk pengembangan usaha, disertivikasi produk dan antisipasi kinerja perusahaan.
  
Sebelum lebih jauh mencermati tulisan ini cobalah anda renungkan persoalan dibawah ini :
Bila anda seorang kepala daerah disebuah wilayah yang ditemukan sumber daya alam yang potensial, langkah kebijakan apa yang akan anda ambil untuk mengembangkan potensi tersebut berwujud menjadi sebuah usaha daerah anda?

Bila seorang investor menawarkan bagi hasil usaha diwilayah anda, apakah pertimbangan anda untuk memberikan penilaian proposal, penawaran, dan kebijakan?

Atau bila anda seorang pewaris sebuah usaha yang dihadapkan sebuah perubahan berupa ancaman kebangkrutan perusahaan atau peluang pengembangan sebuah usaha?
Pertanyaan diatas pastilah tidak mudah untuk dijawab, sebuah peluang tidak akan anda biarkan berlalu saja, dan pasti anda berkeinginan menyelesaikan persoaalan persoalan yang menjadi tanggungjawab anda. Untuk menjawab pertanyaan tersebut diatas dibutuhkan pengetahuan, pemahaman, pengalaman dan pemikiran beberapa ahli pada tiap aspek usaha selamjutnya ( Kriteria Kelayakan Usaha )

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...