. Maya Soetoro, Adik Tiri Obama Tidak Pernah Lupakan Indonesia

Maya Soetoro, Adik Tiri Obama Tidak Pernah Lupakan Indonesia

Adik tiri Barack Obama, Maya Soetoro-Ng, merasa dirinya sangat Amerika. Tapi ia tidak pernah melupakan sebagian dirinya yang berdarah Indonesia.

Hal itu dibuktikan dengan hidangan masakan Indonesia di rumahnya seminggu sekali. Selain itu lukisan dan foto pemandangan Indonesia beserta wayang juga terpajang di rumah perempuan berusia 42 tahun itu.
Adik tiri perempuan Obama, Maya Soetoro bersama suaminya, Konrad Ng, dan anak perempuannya, Suhaila

Maya juga selalu mengajarkan tentang tanah kelahirannya kepada kedua putrinya. "Saya sering bercerita soal kehidupan dulu di Menteng Dalam, bagaimana rasanya mendengar azan setiap pagi," kata Maya usai menjadi pembicara diskusi "Pendidikan untuk Kompetensi Global" di @america, Jakarta,

Ketika tidur pun Maya selalu membisikkan kata-kata dalam bahasa Indonesia. "Bobo ya sayang, bangun sehat, kuat, dan gembira, mimpi bagus, harus hidup sampai tua-tua-tua sekali," kata Maya mencontohkan dengan aksen yang tidak terlihat seperti bule.

Cara ini ternyata lumayan membuahkan hasil. Anak pertamanya, Suhaila, 7 tahun, bisa mengetahui kata "terima kasih, kuda, susu, belum". "Sangat random, ya," ujar asisten profesor bidang pendidikan di University of Hawaii itu.

Jadi, tidak mengherankan bila Maya yang berdomisili di Hawaii, AS, ini membawa serta anaknya berkunjung ke Indonesia. "Akhirnya bisa membawa mereka ke sini, meski waktunya sebentar," ujarnya.


Suka Jajanan Pasar

Maya Soetoro-Ng suka jajanan pasar di Indonesia. Es cendol, gado-gado dan martabak telur serta martabak manis merupakan makanan favoritnya.

"Saya suka jajanan di Indonesia. Es cendol, gado-gado, martabak baik yang telur maupun manis. Dua-duanya saya suka," ujar Maya dengan bahasa Inggris, usai diskusi dengan 50 guru dan murid-murid SMU 1 Bekasi tentang pendidikan di SMU 1 Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/6/2012).

Menurut Maya yang mengenakan baju cokelat ini, kenangan yang paling berkesan saat tinggal di Indonesia yakni saat bermain badminton bersama anak-anak kampung di Menteng Dalam, Jakarta Pusat. Maya juga suka pergi ke pasar burung di dekat Menteng.

Maya mengaku sudah pernah ke Indonesia lagi pada 2001 dan 2002 lalu. Dia berkunjung ke Jakarta, Bali dan Yogyakarta.

"Saya juga sudah bertemu dengan saudara-saudara saya. Tapi untuk sekarang saya belum bertemu dengan keluarga maupun teman-teman saya dulu," kata Maya.

Dalam kesempatan itu Maya mengatakan jika dirinya kerap berkomunikasi dengan Obama. Namun dia batal bertemu dengan Obama karena kakaknya itu ada urusan negara yang penting.
 

1 komentar:

Vicio rizky mengatakan...

keren,msih cinta indo heheh komen back y

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...