. Jagoan Pemberani itu Novel Baswedan

Jagoan Pemberani itu Novel Baswedan


Kompol Novel Baswedan
Nama Novel sebenarnya tidak begitu asing, setidaknya bagi para majelis hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi yang pernah beberapa kali akrab dengan namanya. Para kuasa hukum pekara yang ditangani KPK, pernah meminta penyidik dihadirkan, dan Novel setidaknya dua kali hadir.


Novel Baswedan sebagai salah satu penyidik terbaik yang dimiliki KPK. Sepupu Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan itu bertugas menjadi penyidik KPK sekitar enam tahun. Novel menjadi Wakil Ketua Satgas kasus simulator yang ditangani KPK.

Meski bukan termasuk dalam 20 nama penyidik yang ditarik Polri, Novel adalah salah seorang penyidik yang menyatakan memilih menjadi pegawai KPK. Niat itu sudah dikabulkan KPK. "Dia sudah menjadi pegawai tetap KPK. Seharusnya semua institusi lain menghormati. Pak Novel adalah pegawai negeri yang statusnya sebagai pegawai KPK," katanya.


Pribadi Pemberani

Novel pernah bersitegang dengan kepolisian saat menggeledah Kantor Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri. Sejak menangani kasus simulator, berbagai ancaman kerap diterima Novel dan keluarganya. Kakak kandungnya, Taufik Baswedan mengatakan, satu jam setelah berita penangkapan Novel, ia sempat berkomunikasi lewat BBM, lalu terputus. Novel sempat menelepon. Ia hanya bilang, "Jaga ibu."

Sepak terjang Novel yang gigih bekerja membongkar kasus korupsi di bawah naungan KPK, diduga kuat mengapa ia menjadi korban kriminalisasi. Novel yang terakhir berpangkat Kompol itu berani membongkar korupsi di institusi Polri. Untuk kali pertama, seorang perwira aktif diproses hukum karena kasus korupsi.


Novel juga beberapa kali terlibat dalam upaya penggeledahan atau tangkap tangan. Dia merupakan penyidik yang terlibat dalam penangkapan bupati Buol Amran Batalipu, yang mana proses operasi itu diwarnai dengan penghadangan oleh puluhan pendukung Amran.

Novel yang saat itu mengendarai motor untuk melakukan pengejaran, bahkan sempat akan ditabrak oleh romobongan Amran. Beruntung dia bisa menghindar, sedangkan motornya ringsek.


Novel juga menjadi penyidik dalam kasus Muhammad Nazaruddin. Ia bahkan sempat dipanggil ke pengadilan atas permintaan pengacara Nazaruddin yang merasa keberatan dengan proses penyidikan di KPK. Novel datang memberi kesaksian di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor Jakarta). Novel pula yang menyidik kasus suap cek pelawat yang berhasil menjebloskan Nunun Nurbaeti, istri Mantan Wakapolri Adang Daradjatun, ke penjara.

Tak hanya itu saja, Novel adalah penyidik KPK yang dengan keras menghadang upaya penghentian penggeledahan KPK di markas Korlantas bulan Juli lalu. Padahal kala itu, dia harus berhadapan dengan perwira Mabes Polri berpangkat Kombes.

Ketika itu Novel menunjukkan surat perintah pengadilan yang dimiliki KPK untuk menggeledah markas Korlantas. Perdebatan pun terjadi. Ada informasi yang menyebutkan sejak itu, nama Novel masuk dalam daftar incaran. Novel adalah salah satu penyidik KPK yang melakukan pemeriksaan langsung kepada Irjen Djoko Susilo, tersangka kasus Simulator SIM. Seorang perwira menengah berpangkat Kompol memeriksa jenderal aktif bintang dua.

Pribadi Yang Ramah dan Dermawan
Novel Baswedan ternyata merupakan pribadi yang ramah dan dermawan, Hal tersebut diceritakan oleh ketua RT dan sejumlah warga di tempat kelahirannya, kampung Sumur Umbul RT 05 RW 05 Kelurahan Melati Baru, Kecamatan Semarang Timur.

Menurut ketua RT 05 RW 05 kampung Sumur Umbul, Aris Suyatman, keluarga anggota Baswedan yang tinggal di rumah nomor 84 tersebut memang dikenal dermawan. Bahkan saat ini rumah keluarga Baswedan itu sudah diwakafkan menjadi sebuah masjid bernama masjid Al-Jannah.

"Sekitar tiga atau empat tahun lalu rumah dengan tanah seluas 20 meter x 20 meter itu diwakafkan menjadi masjid Al-Jannah," kata Aris di rumahnya di kampung Sumur Umbul Semarang, Sabtu (6/10/2012) malam.

Meski sudah mewakafkan rumahnya dan pindah ke daerah Sampangan Semarang, Novel dan keluarga Baswedan lainnya masih sering memberikan donasi untuk masjid bahkan ikut menyumbang hewan qurban saat hari raya Idul Adha.

"Orangnya akrab baget, ramah dan dermawan. Sama warga sini sering bantu, terutama saat hari raya," ujarnya.

Anak kedua dari empat bersaudara pasangan Salim Baswedan dan Fatimah sejak kecil dikenal cerdas dan baik hati. Bahkan ketika sudah menjadi polisi dan pindah rumah ke Sampangan, ia tidak melupakan tetangga di Sumur Umbul.

"Waktu lebaran beberapa tahun lalu ada warga, Narso keciduk dalam operasi preman yang dilakukan polisi. Padahal warga kampung sini tidak ada yang preman. Kebetulan mas Novel sedang berada di sini dan langsung menanggapi. Narso lalu dibebaskan. Oknum polisi yang menangkap pun minta maaf," tutur teman masa kecil Novel, Wisnu Setyo Safari.

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Where can I find the best online creative writing courses? I live in NYC so which colleges offer the best online creative writing course? If not in a college than where else?.

Anonim mengatakan...

Ronnie Williams is a staff writer for Wireless - Phone -
Gallery - offering Latest and Discounted google nexus accessories (also known as wireless google nexus one accessories) and
a lot more accessories for Samsung, Blackberry,
Apple, Nokia and Sony Ericsson. 1 tablet cannot handle DVD discs directly
without DVD drive. It's specially designed for some of the latest games, like Galaxy on Fire 2 HD.

Visit my page: nexus 7

Anonim mengatakan...

The Canon EOS 5D Mark II is $2,499 for body only or $3,299 with a 24'105mm lens. Red lights can be tricky but can be made to look good if you're careful.
Make sure that the flash units polarities are in the.



Feel free to visit my webpage - canon 6d review

Anonim mengatakan...

It can help you in your business life, school, or personal
life. He attributed the success of the thermostat to its functionality and effective usage.
Programmable thermostats are just the latest wave of new technology in the
HVAC field.

Take a look at my web-site: nest thermostat

Anonim mengatakan...

) However, by the same token, the bigger the scope,
the harder it is to haul it around and set it up.
At the beginning of this month, Samsung report this October will released Galaxy Note 2, it will adopt 5.
In appearance, Samsung Galaxy Note 2 takes some design riffs from the S3, which
feels crystal clear.

Also visit my web blog - samsung galaxy note 10.1

Anonim mengatakan...

mod files to acceptable videos by most media player including i - Phone, i - Pod,
Apple TV, PSP, Zune, Blackberry, Creative Zen, etc with
no quality loss. If you don't want to use the Apple remote there is another option. The phone is allied with the some advanced sensors such as three-axis gyro, accelerometer, proximity sensor and ambient light sensor.

Check out my blog ... apple tv review

Anonim mengatakan...

You can easily program your NFC chips to perform particular functions such
as:. Although the official announcement for Samsung galaxy s3
handset will come in several months, every Android enthusiast
is eager see the technical specifications of the Samsung's next flagship smartphone. On the other hand, Galaxy Note comes with three color choices – Black, White and Pink.

Anonim mengatakan...

Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for?
you make bloggiing look easy.The overall look oof your website is magnificent, as well as the content!


My site battlefield 4 cheats pc single player

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...