. Dampak Positif Pemanasan Global

Dampak Positif Pemanasan Global

Informasi yang baru-baru ini dirilis Kompas menyebutkan bahwa salah satu dampak positif pemanasan global adalah meningkatnya kapasitas pohon dan tumbuh-tumbuhan dalam penampungan karbondioksida.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Marine Biological Laboratory, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa menghangatnya iklim telah merangsang penangkapan dan penyimpanan karbondioksida pada bagian tanaman dalam jumlah lebih besar. Banyaknya karbon yang terserap saat tumbuhan melakukan proses fotosintesis disebabkan lebih banyak nitrogen yang memungkinkan untuk dibuat dalam kondisi suhu tanah hangat.

Menurut pemimpin penelitian Jerry Melillo, pohon-pohon di Amerika Serikat umumnya sangat terbatas kandungan nitrogennya. “Kami menemukan bahwa pemanasan global telah memerangkap senyawa nitrogen di dalam tanah berupa nitrogen organik, untuk dilepaskan sebagai senyawa anorganik. Ketika pohon menyerap nitrogen anorganik ini, pertumbuhannya akan lebih cepat dan menampung lebih banyak karbon,” papar Melillo.

Tak hanya itu, Melillo mengungkapkan bahwa keseimbangan jumlah karbon di ekosistem hutan untuk dekade-dekade selanjutnya saat fenomena perubahan iklim terjadi akan bergantung pada aneka faktor lain, misalnya ketersediaan air, efek peningkatan temperatur bagi fotosintesis dan respirasi, serta konsentrasi karbondioksida di lapisan atmosfer.
Pohon raksasa

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...