. TEHNOLOGI ANTISIPASI TSUNAMI JEPANG DIUJI GEMPA SKALA 8,9

TEHNOLOGI ANTISIPASI TSUNAMI JEPANG DIUJI GEMPA SKALA 8,9


Jepang 11 Maret 2011, bencana gempa disertai tsunami melanda Negara jepang dimana dalam video tsunami jepang yang terjadi pada hari ini 11 maret 2011 ini kita bisa melihat betapa dahsyatnya luapan air bah serta gempa yang berkekuatan 8.8 SR tersebut, selain video ini kita bisa melihat siaran langsung dari reuters bagaimana kedasayatan bencana tsunami serta gempa bumi di jepang ini

Gelombang tsunami setelah gempa 8,9 SR mengguncang Jepang. (Foto: HNK)
Gelombang tsunami setelah gempa 8,9 SR mengguncang Jepang.

headline





Gempa yang mengguncang kota Tokyo ini di kabarkan meruapkan gempa terbesar dalam 7 tahun. Selain gempa Gelombang tsunami telah menerjang di beberapa wilayah, meliputi Kota Onahama, wilayah Fukushima. Sampai sekarang belum diketahui nama-nama korban dalam bencana alamtsunami jepang 11 maret 2011 ini gelombang tsunami dilaporkan mencapai ketinggian empat meter. Di tempat lain, ketinggian tsunami dilaporkan setinggi 10 meter.

Antisipasi Tsunami Jepang


Jepang memiliki beberapa organisasi yang menangani bencana alam diantaranya Japan Metorological Agency (JMA), Geology Survey Japan (GSJ) dan Earth Remote Sensing Data Analysis Center (ERSDAC).


Sebagai badan utama, JMA mengoperasikan jaringan pengamatan gempa berupa 200 alat seismograf dan 600 seismik intensif. Mereka juga mengumpulkan data dari 3.600 alat pengukur seismik yang dikelola pemerintah daerah dan National Research Institute for Earth Science and Disaster Prevention (NIED). Data ini juga masuk di bagian Earthquake Phenomena Observation System (EPOS) di Tokyo dan Observatorium Meteorologi di distrik Osaka.


Ketika gempa terjadi, JMA segera mendapatkan informasi mengenai hiposenter, magnitudo gempa dan intensitas seismik. Jika intensitas gempa lebih besar dari tiga, lembaga ini segera mengeluarkan laporan gempa. Informasi biasanya keluar kurang dari setengah menit setelah gempa.


Selanjutnya, informasi diberikan kepada pejabat pencegahan bencana melalui jaringan komunikasi khusus untuk mencapai masyarakat di sektiar gempa lewat pemerintah daerah dan media. Bagi Jepang, informasi ini berperan sangat penting untuk memulai operasi penyelamatan terkait gempa dan dampak lanjutan, tsunami misalnya. Intensitas gempa di Jepang menggunakan skala 1 sampai 7 dengan nilai 7 tertinggi.


Sistem Peringatan Dini Gempa Jepang memberikan pengumuman perkiraan intensitas seismik dan estimasi perkiraan waktu kedatangan gerak pokok pada saat gempa awal terjadi. Estimasi ini didasarkan pada analisis segera fokus gempa dan gelombang besar dengan menggunakan data yang diperoleh dari seismograf di dekat pusat gempa.


Sistem Peringatan Dini Gempa ditujukan untuk mengurangi kerusakan gempa terkait dengan tindakan pencegahan yang memungkinkan seperti segera memperlambat kereta, mengendalikan lift untuk menghindari bahaya dan memungkinkan orang untuk dengan cepat melindungi diri di berbagai lingkungan seperti pabrik, kantor, rumah dan dekat tebing.


Untuk tsunami sendiri, setelah Gempa, JMA langsung memperkirakan kemungkinan tsunami dari data observasi seismik. Jika tsunami mungkin terjadi di daerah pesisir, JMA mengeluarkan peringatan Tsunami sekitar dua menit setelah gempa. Jika tsunami terjadi di wilayah yang jauh, JMA akan melakukan koordinasi langsung dengan Pacific Tsunami Warning Center di Hawaii.


Di Jepang, wilayah paling berbahaya adalah kawasan gempa Tokai, biasanya gempa berkekuatan di atas 8 SM. Ini terletak di daerah Suruga Bay. Mekanisme yang mereka lakukan sangat terperinci di mana setiap badan harus tahu seluruh kejadian saat berlangsung.


Persiapan detil memang harus dilakukan mengingat Jepang memiliki 108 gunung vulkanik aktif dengan sekitar 15 gempa vulkanik setiap tahun.



Mirip Tsunami Aceh

Ahli tsunami menganggap dampak tsunami Jepang mirip dengan bencana tsunami di Aceh, 2004 silam. Meskipun begitu, Indonesia tidak akan terkena dampak signifikan.


“Karena waktu terjadinya tsunami, energi yang dikeluarkan menyebar ke seluruh wilayah sekitarnya secara luas. Ini sama seperti peristiwa Aceh di mana kawasan Sri Lanka, India hingga Afrika Selatan terkena dampak. Padahal, tidak tergolong dekat,” ujar ahli tsunami dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Hamzah Latief .

Tsunami Jepang juga berdampak sangat luas hingga menjangkau seluruh kawasan pasifik, termasuk Indonesia, Taiwan, Rusia, Pulau Marcus, Guam, Filipina hingga Amerika Serikat.

“Tidak semua kawasan di Indonesia yang terkena dampak ini. Hanya kawasan yang menghadap pasifik utara,” ujar Hamzah Latief lagi.

Wilayah pasifik Jepang memiliki jalur membujur yang sama dengan wilayah timur Indonesia, Alaska hingga Rusia, yang termasuk dalam cincin api.

Dari Jepang ini, Cincin Api pecah menjadi dua. Pertama, ke barat cincin ini menyusur ke Filipina, lalu kepulauan di atas Sulawesi Utara, Maluku Utara, selanjutnya menyusur ke selatan ke wilayah Maluku, Nusa Tenggara. Jalur ini kemudian berbelok ke barat menyusuri daerah perairan selatan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, lalu di wilayah Asia bagian selatan.

Meskipun terdengar menyeramkan, Hamzah Latief mengklaim wilayah Indonesia tidak akan terkena dampak signifikan.

“Tidak terlalu berdampak besar. Yang dikhawatirkan hanyalah kapal kecil dan kapal tanker terhadap gelombang tinggi,” katanya.




Catatan Tsunami Besar Dunia


Tsunami Aceh (Samudera Hindia)

Tsunami Aceh yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 disebabkan gempa bumi tektonik yang berkekuatan 9,2 Skala Richter. Besarnya kekuatan energi akibat gempa menyebabkan tinggi gelombang tsunami mencapai 30 meter dan menerjang serta menyapu daratan hingga sejauh ratusan meter.


Bencana yang dikenal dengan nama Tsunami Samudera Hindia 2004 ini, selain melanda Aceh, juga menyapu berbagai kawasan di sejumah negara, seperti Thailand, India, Srilanka, dan kawasan di bagian timur Afrika. Tercatat ratusan ribu orang tewas dimana 230 ribu orang diantaranya adalah penduduk Aceh.








Tsunami Alaska

Tsunami yang disebabkan gempa bumi berkekuatan 8,4 Skala Richter ini terjadi pada tanggal 27 Maret 1964 di Valdez inlet. Gempa ini menimbulkan gelombang tsunami dengan ketinggian mencapai 67 meter dan kecepatan gelombang 400 mil perjam. Meskipun cukup besar kekuatannya namun jumlah korban tewas tercatat kurang dari 150 orang


Tsunami Teluk Lituya Alaska



Alaska merupakan daerah yang rawan gempa. Gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter yang terjadi di Teluk Lituya Alaska pada tanggal 9 Juli 1958 menyebabkan tanah longsong yang hebat. Longsoran inilah yang menimbulkan tsunami yang sangat besar dan menciptakan gelombang yang sangat tinggi. Namun karena kondisi geologisnya yang terisolasi dan jauh dari pemukiman, hanya sedikit saja korban tewas yang terjadi.

Gempa besar di Alaska menimbulkan gelombang besar di Hawaii. Bencana yang sering disebut sebagai misteri "April Fools Tsunami" itu menewaskan 159 orang.





Pada tanggal 9 Juli 1958 Gempa berkekuatan 8,3 SR di Alaska menyebabkan gelombang besar hingga 76 meter di Teluk Lituya, Alaska. Ini merupakan tsunami terbesar yang tercatat di zaman modern. Untung saja, tsunami terjadi di tempat terisolir, sehingga tidak menimbulkan banyak korban. Tsunami ini hanya menyebabkan dua nelayan meninggal dunia, karena kapalnya karam diterjang ombak.



Tsunami Chilie


Bencana alam ini yang terjadi pada tanggal 22 Mei 1960 di Chilie ini disebabkan gempa bumi 8,6 Skala Richter. Gempa yang sangat besar ini menyebabkan tsunami dengan tinggi gelombang mencapai 25 meter dan merusak kawasan pantai hanya dalam waktu 15 menit. Tak kurang dari 1.500 orang tewas di hawai dan Chilie pada bencana ini.


Tsunami Jepang

Gempa bumi menjadi penyebab terjadinya tsunami yang memporakporandakan pantai Timur Jepang pada tanggal 15 Juni 1896. Gelombang tsunami yang ditimbulkan mencapai ketinggian 30 meter dan menewaskan tak kurang dari 27 ribu orang.


Tsunami Krakatau
Tsunami ini terjadi akibat letusan Gunung Krakatau pada tanggal 27 Agustus 1883. Letusan gunung yang berada di tengah laut ini menimbulkan tsunami besar dan menewaskan tak kurang dari 36 ribu penduduk di sepanjang pantai bagian barat Pulau Jawa dan Sumatera bagain utara. Bahkan sekitar 600 ton blok terumbu karang rusak dan terseret ke pantai akibat tsunami ini. Ini termasuk tsunami terbesar di dunia akibat letusan gunung berapi.


Tsunami Lisbon
Bencana alam yang terjadi pada tanggal 1 November 1755 ini terkesan seperti dalam film. Awalnya terjadi gempa bumi dahsyat yang terjadi dan merusak banyak kawasan di Lisbon, Portugal. Ketika orang-orang berusaha menyelamatkan diri dengan menggunakan perahu, tak lama kemudian terjadi tsunami yang tak kalah dahsyatnya. Tak kurang dari 60 ribu orang tewas dalam bencana alam yang tercatat sangat mengerikan dan menjadi tsunami terbesar di dunia.

14 komentar:

setiawan widiyoko mengatakan...

semua merupakan sudah kehendak dari sang khalik, manusia sepandai apapun, sehebat apapun penemuan untuk mengantisipasi sebuah bencana, tapi tatkala itu sudah menjadi ketentuan Allah maka, manusia tidak akan bisa melawannya...itu mnerupakan bentuk peringatan dari allah SWT

Anonim mengatakan...

hi dee hi azharmind.blogspot.com blogger discovered your website via Google but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have discovered website which offer to dramatically increase traffic to your website http://xrumerservice.org they claim they managed to get close to 1000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my blog. Hope this helps :) They offer cell phone service seo keyword backlink service backlink building Take care. Jay

Anonim mengatakan...

azharmind.blogspot.com learn more Pinjaman uang cepat dimaksudkan untuk menyediakan uang tunai instan pada saat darurat

Anonim mengatakan...

azharmind.blogspot.com recommended site Hubungi fasilitas kesehatan dan berusaha untuk menyelesaikan utang medis

Anonim mengatakan...

azharmind.blogspot.com pop over to this web-site Anda harus memiliki skor kredit yang fantastis serta strategi bisnis yang kuat bagi bank untuk mempertimbangkan meminjamkan uang tunai yang serius

Anonim mengatakan...

I was more than happy to discover this web site. I need to to thank you for ones time just for this fantastic read!! I definitely really liked every bit of it and i also have you bookmarked to check out new things on your site.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonim mengatakan...

I was more than happy to uncover this website. I want to to thank you for ones time just for this fantastic read!! I definitely loved every bit of it and i also have you saved to fav to look at new information on your website.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonim mengatakan...

I was more than happy to uncover this web site. I wanted to thank you for your time for this fantastic read!! I definitely liked every bit of it and i also have you saved as a favorite to see new stuff in your blog.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonim mengatakan...

I was pretty pleased to discover this great site. I wanted to thank you for ones time for this fantastic read!! I definitely savored every part of it and i also have you bookmarked to look at new information in your website.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonim mengatakan...

I was extremely pleased to uncover this great site. I wanted to thank you for your time due to this wonderful read!! I definitely loved every little bit of it and I have you book-marked to check out new things on your website.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonim mengatakan...

Hi! I just wish to give you a huge thumbs up for the great information you've got right here on this post. I am returning to your site for more soon.

[url=http://xrumergeek.com]seo service[/url]

Azhar entrepreneur mengatakan...

Thank you for your visit, it seems you are a good customer. Azhar

Anonim mengatakan...

Selling your property would be beneficial if you are a reliable, professional property management company
in Northern paphos car hire. Turkey sent troops to the
north and both Middle Eastern and Arabic blend.

If rental vehicles are not covered by many of the most liked adventures of tourists.


Look at my web blog - car Rental paphos airport reviews

jaka mengatakan...

terimakasih bos infonya

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...