. Gerhana, Mitos Matahari dan Bulan Ditelan Raksasa

Gerhana, Mitos Matahari dan Bulan Ditelan Raksasa

Fenomena gerhana matahari atau bulan menurut mitologi nenek moyang orang Jawa dikaitkan dongeng buto (raksasa) memakan bulan atau matahari. Kisahnya bermula saat para dewa akan membagi air penghidupan atau tirta amerta. Namun karena tirta amerta terbatas, maka pimpinan dewa membagi rata secara antri.


"Berhubung persediaan air Tirta Amerta terbatas maka supaya seluruh dewa mendapatkan bagian  maka air tersebut dibagi rata sedikit sedikit. Para dewa dibariskan antri untuk mendapat suapan air satu persatu yang disendok menggunakan daun beringin. 


Sang buto mengetahui rencana pembagian air Tirta Amerta tersebut ingin ikut nimbrung antri supaya mendapatkan bagian, maka buto mengubah bentuk diri menyamar sebagai dewa. Namun setelah antri mendapat suapan air Tirta Amerta siasat tersebut ketahuan oleh Dewa Matahari Bethoro Suryo, selanjutnya Bethoro Suryo memanah leher sang Buto hingga kepala terpenggal tubuh buto jatuh ke bumi sedang kepalanya masih di kahyangan.

Tubuh buto berubah wujud jadi lesung (alat penumbuk padi) sedangkan kepala buto masih biisa hidup dikahyangan karena terlanjur mendapat suapan air Tirta Amerta.

Buto pun mengucap dendam kepada Bethara Surya dengan bertekad akan memakan matahari dan bulan. Saat hari pembalasan tiba, buto memakan matahari atau bulan dengan amarahnya. Saat matahari atau bulan ditelan buto itulah fenomena gerhana terjadi, lalu warga membunyikan kentongan dan lesung yang merupakan badan buto agar melepaskan matahari atau bulan yang ditelannya. Karena buto hanya sebatas kepala dan leher maka akhirnya matahari dan bulan selalu keluar terang lagi karena buto di kahyangan sudah tak memiliki perut.

5 komentar:

Distributor Kopi mengatakan...

Bagus Artikelnya, Menambah wawasan saya

hilman mengatakan...

terimaksih atas artikelnya, artikel ini sangat membantu saya untuk menambah wawasan. barang kali anda tertarik untuk membaca artikel kami.

Obat Memanjangkan Penis Paling Ampuh

Obat Herbal Tahan Lama Hingga Berjam-Jam

Obat Kuat Paling Ampuh Di Indonesia

Obat Penyubur Sperma Kosong Paling Ampuh

Obat Herbal Tahan Lama Paling Ampuh

obat pemebesar dan pemanjang alat vital pria

hilman awaludin mengatakan...

trimakasih atas artikelnya, artikel ini sangat menarik dan bermanpaat bagi saya untuk menambah wawasan saya. bila anda berminat untuk membaca artikel saya silahkan klik link di bawah ini.

Cara membuat porasi cair mengatakan...

mitosnya lebih mirip dongeng dari masa lalu :)

Rental Mobil Malang | Sewa Mobil Malang mengatakan...

Artikel Bagus, Terus menulis dan berkarya. sekarang jarang update yaa ?

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...