. BAHAYA PILOT TERTIDUR DI KOKPIT

BAHAYA PILOT TERTIDUR DI KOKPIT



Sebuah pesawat Delta Airlines dengan nomor penerbangan DL 8957 dari Jerman ke Kuwait dilaporkan tersesat di wilayah udaraYunani. Khawatir kalau kalau pesawat itu telah dibajak, selanjutnya dua jet tempur F-16 pun Yunani diterbangkan untuk mencegat pesawat tersebut. Pilot F-16 mencoba untuk melihat apa yang terjadi di dalam pesawat. Ia melaporkan bahwa pilot Delta tampaknya tetap berada di kursi kokpit mereka dalam keadaan tidur.

Benarkah, banyak yang menganggap bahwa pilot kerap tertidur selama penerbangan? Kini pesawat bisa diterbangkan secara autopilot, sehingga sering menimbulkan pertanyaan, apa yang sebenarnya pilot kerjakan di kokpit? Atau benarkah pilot tidur selama penerbangan? Ini pertanyaan seputar penerbangan yang tidak pernah terungkap, termasuk soal keberadaan pilot. 

Sebuah survei mengungkap bahwa separuh lebih dari semua pilot maskapai penerbangan komersial di Inggris mengaku tertidur saat sedang bertugas. Menurut Asosiasi Pilot Inggris (BALPA), sebanyak 56 persen dari 500 pilot penerbangan komersial mengaku tertidur dalam penerbangan. Tak hanya itu, satu dari tiga pilot mengatakan saat mereka terjaga dari tidur mereka melihat kopilot juga lelap tertidur.Beberapa kejadian demikian cukup memicu kontroversi di kalangan penerbangan. Sebagian menuturkan, pilot yang tertidur di ruang kontrol sebenarnya tidak berbahaya. Ia malah disarankan tidur sejenak saat menjalani penerbangan panjang, sampai melintasi benua dan samudera. Yang penting, ada seorang lain yang mengawasi. Ini juga didukung adanya sistem alarm yang bertugas membangunkan pilot saat keadaan darurat.

Studi menunjukkan, istirahat dengan tidur sejenak, maksimal 20 menit mampu mengembalikan energi. Artinya, bukanlah sebuah ide buruk jika membiarkan pilot tertidur di kokpit pesawat. Untuk mendukung itu, ada aturan untuk menyediakan waktu tidur sejenak bagi kru penerbangan yang melakukan perjalanan panjang. Namun, sebaiknya temukan cara tepat untuk menyampaikan pada penumpang agar mereka tak ketakutan.

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...