. Satu Pohon Bebuah 40 Macam Buah. Karya Luar Biasa

Satu Pohon Bebuah 40 Macam Buah. Karya Luar Biasa


Seorang profesor di AS punya hobi berkebun luar biasa yaitu mengembangkan satu pohon yang mampu menghasilkan 40 jenis buah yang berbeda. Hampir sepanjang tahun, pohon rekayasa ini terlihat seperti layaknya pohon buah normal, namun ketika musim semi datang segera dahannya yang berbunga menampilkan beragam warna bunga yang menarik. Ada yang menyebut pohon ini sebagai pohon super tetapi ada juga yang menjuluki sebagai ‘Fruit salad tree’.

Dialah Sam Van Aken profesor seni dari Syracuse University sejak usia muda sudah tertarik dengan teknik berkebun metode pencangkokan tunas. Pada tahun 2008. membuat pohon bunga berwarna-warni untuk sebuah proyek seni, memanfaat kebun di Stasiun Percobaan New York State Agricultural. Aken memulai kegiatan mencangkokkan tunas dengan 250 varietas warisan ditemukan di kebun ke sebuah pohon tunggal.

Untuk membuat pohon Frankenstein-esque, Aken bekerja dengan buah-buahan seperti buah persik, plum, aprikot, almond, dan nectarine. Selama lima tahun ia berhasil mencangkokkan puluhan tanaman ke pohon yang sama, akhirnya pohon itu mampu berbunga dan berbuah 40 buah-buahan yang berbeda.

Aken sejak mencangkokkan setidaknya 16 buah yang berasal dari tempat yang berbeda di Amerika Serikat seperti Newton, Massachusetts; Pound Ridge, New York; Short Hills, New Jersey; Bentonville, Arkansas; dan San Jose, California. Setiap lokasi memiliki pohon khusus untuk lingkungannya dengan varietas lokal dan punya keunikan tertentu.




trees-6

limbs

trees-5

trees-3

trees-1
trees-2


Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...