. UNISSULA LAKSANAKAN INTERNASIONALISASI PENDIDIKAN TINGGI

UNISSULA LAKSANAKAN INTERNASIONALISASI PENDIDIKAN TINGGI

Internasionalisasi pendidikan dirancang untuk bisa menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam dunia global. Perguruan tinggi tidak hanya berperan dalam menghasilkan lulusan berkualitas dalam hal akademik, tetapi juga menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan multibahasa dan memiliki pemahaman antar budaya. Dalam menghadapi persaingan global, identitas bangsa Indonesia harus terus dipelihara dan dikembangkan melalui sistem pendidikan nasional yang bergantung pada kekayaan kultur budaya nasional. 

Fenomena masuknya pendidikan internasional bukan hanya sekedar ketakutan situasi persaingan yang makin memanas atau khawatir menguapnya sebagian sumberdaya ekonomi nasional ke luar negeri. Namun lebih jauh dari pada itu rusaknya sistem nilai dan hilangnya simpul peradaban yang akan terasa dampaknya sampai pada beberapa generasi ke depan. 

Beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia telah mensikapi  dengan melakukan perombakan di berbagai aspek mulai dari kurikulum, penerapan cyber kultur, pengembangan jaringan kerjasama hingga infrastruktur fisik yang menunjang kenyamanan maupun tampilan berstandar internasional.

Profil perguruan tinggi di Inggris dapat dijadikan bandingan institusi penyelenggara pendidikan tinggi yang berstandar Internasional, kita lihat Unissula  sebuah perguruan tinggi di Semarang melejit melakukan perubahan menuju World Class Islamic Cyber University.www.unissula.ac.id   



Profil Perguruan Tinggi di Inggris

University of Hertfordshire, Belajar di Tepi Taman Hutan

Kampus yang memiliki jurusan unggulan Art and Design, Business, Computer Science, Engineering, Law dan Biosciences ini sekarang memiliki sekitar 160.000 mahasiswa.

Berdiri pada 1952 dan tersebar ke dalam tiga area kampus berbeda, yaitu College Lane Campus, de Havilland Campus, dan St Albans Campus, University of Hertforshire juga terkenal sebagai pusat belajar yang menggabungkan pusat baca dan komputer di satu perpustakaan. Kalau ada waktu senggang setelah belajar, dari kampus ini kamu bisa mengunjungi Aldenham Country Park, yaitu sebuah taman berbentuk hutan yang memuat bendungan seluas 260.000 meter persegi.

The University of Sheffield, Perpustakaannya Nomor Satu

The University of SheffieldBerdasarkan survei nasional yang dilakukan di kalangan pelajar Inggris, The University of Sheffield ditempatkan sebagai satu dari lima universitas top di Inggris. Bahkan, dalam survei Times Higher Education Student Experience atau THES, lebih dari 10.000 pelajar memilih kampus ini sebagai kampus nomor satu di Inggris berdasarkan fasilitas perpustakaan. Perpustakaan mereka lengkap dan ramah teknologi.

Lebih dari 3.900 pelajar internasional yang mewakili 125 negara tengah belajar di kampus ini. Mereka tersebar di tujuh fakultas unggulan, yaitu Faculty of Arts and Humanities; Faculty of Engineering; Faculty of Medicine, Dentistry and Health; Faculty of Science; Faculty of Social Sciences; dan International Faculty-City College Thessaloniki. Seputar profil mereka bisa dilihat di www.sheffield.ac.uk/..

University of Buckingham, Kampus Swasta Nomor Satu di Inggris
Inilah satu-satunya universitas swasta Inggris yang terpilih sebagai institusi pendidikan nomor 1 pada 2006 versi National Student Survey yang digagas oleh the Government’s Higher Education and Funding Council of England (HEFCE).
Saat ini, terdapat 11.000 mahasiswa tengah belajar disini dengan Teknologi Informasi sebagai bidang studi unggulannya. Menariknya, Kota Buckingham dikitari banyak gedung-gedung bersejarah, salah satunya gedung Old Gaol yang kini diubah menjadi sebuah museum lokal. Atau, The Silverstone Race Circuit sebagai "The home of British Formula One", yang selalu sibuk sepanjang tahun. Profil menarik kampus ini dapat dilihat di www.buckingham.ac.uk.
 
Pada tahun ajaran 2008/2009 lalu, kampus ini menempati posisi kedua terfavorit pilihan pelajar dari Indonesia di bawah University of Manchester. Berdiri pada 1825, University of Birmingham memiliki bidang studi unggulan dan terbaiknya di bidang Science, Engineering, Health Sciences, Business dan Humanities.
Sebagai salah satu "kampus internasional" terbesar di Inggris, kampus ini memiliki 145.000 siswa dari 190 negara di dunia dan menjadi sebuah persinggahan para calon-calon profesional muda. Asyiknya, ketekunan mereka belajar di sini bisa diselingi dengan mengunjungi beberapa tempat favorit seperti The Mailbox, Bullring, Bustling Market, Soho House, atau Custard Factory.

Northumbria University: Merasakan Kenyamanan Newcastle  
Didirikan pada 1992, Northumbria University memiliki dua kampus di Newcastle. Jurusan unggulannya antara lain Arts and Social Sciences, Built Environment, Design, Health, Community and Education, Newcastle Business School, serta yang unik, Psychology and Sports Sciences.

Ternyata, Jonathan Ive, Lead Designer dari iMac dan iPod yang kamu pegang itu adalah alumni kampus ini. Selain bisa belajar nyaman dengan fasilitas olahraga senilai 30 juta poundsterling, dari kampus yang menampung 31.500 siswa ini kamu juga bisa jalan-jalan ke Tyne Bridge, Newcastle Quayside, Grey’s Monument, atau Newcastle Civic Centre.

  
Bournemouth University,Terbaru dan Terbaik di Inggris
Kalau mau merasakan kuliah di kota kecil yang tenang, tapi tetap punya fasilitas laiknya berada di kota-kota besar Inggris lainnya, kamu bisa memilih kampus ini. Pasalnya, mereka menginvestasikan £1.5 juta hanya khusus untuk fasilitas teknologi komunikasi dan informasinya.

Pertimbangan menimba ilmu di Bournemouth University tentu bukan hanya karena lokasinya yang strategis. Kampus dengan 17.000 mahasiswa ini juga berkomitmen untuk selalu berkembang, karena terbukti telah menginvestasikan £1.5 juta khusus untuk fasilitas teknologi komunikasi dan informasinya demi komitmen itu.
Hasilnya? Tercatat, 91 persen lulusannya bisa memilih untuk meneruskan studi tingkat lanjutnya dalam waktu enam bulan, atau langsung bekerja. Menurut catatan The Guardian University Guide 2009-2010, kampus ini merupakan universitas baru yang terbaik di Inggris. Jurusan unggulannya, Tourism and Hospitality, menjadi nomor 1 di The Guardian University Guide 2008-2009 tersebut.

Jurusan lainnya ada Media Production, Communications, Computer Animation, serta Conservation Sciences. Alumni dari universitas yang didirikan sejak 1976 ini antara lain adalah David Lassman (penulis dan jurnalis seni), Karl Neilson (sutradara serial TV East Enders) dan Reza Dehghani (founder of Criminal Clothing - UK Clothing). Ketertarikan dengan dengan profil mereka bisa disimak di www.bournemouth.ac.uk.
  

UNISSULA Universitas Andal di Era Digital

Universitas Islam Sultan Agung disingkat UNISSULA, adalah sebuah perguruan tinggi yang cukup ternama di Semarang Jawa Tengah. Rektor yang memimpin sekarang adalah Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin. Pada saat ini UNISSULA memiliki 27 program studi jenjang Diploma (DIII), Sarjana (S1) dan Magister (S2). Dengan rata-rata jumlah lulusan pertahun 1.500. Jumlah Student body tahun 2008-2009 sejumlah 9044. Lahan Kampus yang dimiliki seluas 35 hektar, merupakan kampus yang cukup luas dan terpadu, terletak di Jalan Kaligawe Km 4 Semarang.

Memiliki Kampus Terpadu yang lokasinya sangat strategis, berada di jalan utama propinsi, yang hijau, sejuk dan nyaman, dengan berbagai fasilitas penunjang yang ada di dalamnya seperti masjid, lapangan olah raga, laboratorium, bank, kantin, student center, perpustakaan dan lain-lain.

Unissula melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi nasional maupun internasional, seperti Undip, UI, Unpad, Unisba, UGM dan beberapa perguruan tinggi nasional lainnya. Kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri diantaranya dengan Universitas Islam Antar Bangsa- Malaysia, Western Mindanau State University – Fhilipine, Universitas Teknology Malaysia, Hiroshima University – Japan.


World Class Islamic Cyber University

Unissula menerapkan “cyber culture” melalui cyber teaching dalam proses belajar mengajar, dimana penggunaan Teknologi Informasi (IT) ataupun E-Learning sedang digalakkan. Dengan penerapan cyber teaching ini mahasiswa dapat mengakses materi kuliah, mengumpulkan tugas, berdiskusi dan mengerjakan soal-soal quiz melalui internet, sehingga mereka dapat belajar kapan saja dan dimana saja.

World Class Islamic Cyber University bukanlah jargon ataupun tagline semata, karena secara progresif universitas ini mengembangkan pemanfaatan teknologi Terestrial Digital Multimedia Broadcasting (TDMB). Sedangkan untuk mendukung berbagai aktivitas dan kebutuhannya dengan dukungan teknologi informasi.

Melalui teknologi TDMB ini Unissula dapat melakukan con-vergensi suara (audio), gambar (video) dan data, yang dapat diakses secara mudah melalui receiver (alat penerima) berupa HP, laptop/PC dan juga TV.
Melalui keunggulan cyber dan teknologi TDMB mahasiswa Unissula dapat mengakses perkuliahan, bahan ajar, maupun berbagai materi penting lainnya hanya melalui hand phone yang tentunya harus di-upgrade terlebih dahulu, ataupun melalui computer/ laptop yang terkoneksi dengan internet.

Teknologi ini pula yang nantinya akan dikembangkan bukan hanya untuk kepentingan belajar mengajar di kampus tapi juga bagi dunia kesehatan, serta untuk pengembangan usaha kecil menengah (UKM). Untuk mengisi content gambar (video) dan juga, suara (audio) Unissula akan menjadi kampus broadcasting yang disiarkan secara digital. Konsep Unissula untuk menjadi kampus broadcasting dengan menggunakan teknologi TDMB ini sudah mendapatkan pengakuan internasional, dimana saat ini Unissula secara resmi telah menjadi satu-satunya universitas di Asia Fasifik yang menjadi anggota AIBD (Asia Pacific Institute for Broadcasting Development), yaitu sebuah organisasi gabungan lembaga penyiaran internasional se Asia-Pasifik yang berbasis di Kuala Lumpur. Dengan menjadi member AIBD, Unissula memiliki link (jaringan) kerja sama dengan industri broadcasting di Asia Pasifik. Kerjasama tersebut bisa berupa content siaran, maupun kerja sama di bidang pengembangan SDM.

Untuk menjadi cyber kampus dan kampus broadcasting, berbagai persiapan baik dari infrastruktur maupun sumber daya manusianya telah dipersiapkan secara matang. Untuk infrastruktur dan pengadaan peralatan, saat ini Unissula telah selesai membangun tower transmitter, hading peralatan dan teknologi broadcasting, dan pembangunan studio siaran, yang lokasinya berada di cyber building Fakultas Teknologi Industri.

Untuk kesiapan SDM, Unissula telah melakukan training SDM berupa Training TV Production yang diselenggarakan selama satu bulan dengan menghadirkan pakar pakar TV production terbaik dari Multimedia Training Centre dan TVRI. Bahkan dua peserta pelatihan yang paling berbakat telah dikirim ke Singapura untuk praktik pengambilan gambar dan membuat produksi acara di sana.


Perpustakaan Digital

Tidak hanya puas sampai disitu dalam upayanya menjadi universitas terdepan dengan keunggulan cyber universitas ini secara cerdik mengkonsep sebuah perpustakaan canggih dengan keunggulan piranti digitalnya. Idealnya perpustakaan merupakan tempat yang nyaman sehingga pengunjung betah berlama lama untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuannya, dan usaha itu telah ditempuh Unissula dengan membuat sebuah perpustakaan yang dilengkapi fasilitas cyber, ruang diskusi, fasilitas multimedia, kafetaria, dan pelayanan yang serba canggih dan tidak ribet.


Membangun Jejaring Internasional

Tidak hanya berpuas diri dengan mengembangkan teknologi informasi, juga terus membangun jejaring dengan pusat pusat peradaban dunia seperti dengan Prancis, Amerika, Jepang, Korea, Maroko,Turki, China, Mesir dan lain sebagainya

Hal tersebut tampak jelas dari kerjasama pendidikan dengan Universitas Nantes, Hirashima University, Hankuk university, Fatih University, Universitas Al Azhar, Universitas Sidi Mohammed Ben Abdal-lah, L niversitas AJ Alchauajn.


Twin University Dengan Universitas Maroko

piagam twin university 1Pada tanggal 10 Desember 2010 Rektor Unissula Prof Dr Laode Kamaluddin dan Rektor Universitas Sidi Mohammed ben Abdallah Maroko Prof Dr Esserhini Farissi menandatangani kesepakatan sebagai Twin University. Dalam sambutannya Rektor Unissula menyampaikan dengan ditandatanganinya kesepakatan ini, berarti telah terjadi loncatan Unissula menjadi standar dan rujukan berbagai universitas dari berbagai negara, dengan demikian tercapai sudah salah satu indikator Unissula sebagai universitas bertaraf internasional.  http://www.usmba.ac.ma/

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...