. Lee Kuan Yew Meninggal Dunia

Lee Kuan Yew Meninggal Dunia

Lee Kuan Yew

Lee Kuan Yew, Bapak pendiri Singapura yang juga perdana menteri pertama negara itu,meninggal dunia Senin dini hari tadi dalam usia 91 tahun  pada 23 Maret 2015 di Rumah Sakit Umum Singapura karena radang paru-paru.

Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam, dalam surat duka citanya untuk Perdana Menteri Lee Hsien Loong yang adalah anak Lee Kuan Yew menyebut Lee sebagai arsitek Republik modern Singapura. 

Almarhum Perdana Menteri Pertama Singapura, Lee Kuan Yew, akan dimakamkan pada 29 Maret 2015. Pemerintah juga menyatakan sejak hari ini hingga 29 Maret sebagai hari berkabung nasional.


"Perdana menteri telah menyatakan masa berkabung nasional dari 23 Maret hingga 29 Maret," tulis situs resmi Perdana Menteri Singapura, Senin (23/3/2015).
Sebelum dimakamkan, almarhum Lee Kuan Yew akan disemayamkan di gedung Parlemen dari tanggal 25 Maret hingga 28 Maret. Warga Singapura bisa memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum di gedung tersebut.

"Mereka yang ingin memberikan penghormatan terakhir dapat melakukan dari pukul 10.00 hingga 20.00 waktu setempat," terang situs tersebut.

Mengutip ensiklopedia online Wikipedia, Lee bersekolah dasar di SD Telok Kurau, lalu Raffles Institution dan kemudian Raffles College.

Kuliahnya tertunda akibat Perang Dunia II dan pendudukan Jepang di Singapura pada 1942–1945. Pada masa itu, ia menjual Stikfas, sejenis lem yang dibuat dari tapioka, di pasar gelap. Lee yang sejak 1942 mengambil mata pelajaran bahasa Mandarin dan bahasa Jepang bekerja sebagai penulis laporan kilat Sekutu bagi Jepang serta menjadi editor bahasa Inggris untuk koran Jepang Hobudu dari 1943–1944.

Setelah perang berakhir, Lee mengambil jurusan hukum pada Fitzwilliam College, Inggris. Ia kembali ke Singapura pada 1949 untuk bekerja sebagai pengacara pada biro Laycock & Ong.

Pada 1954, Lee bersama sekelompok rekan kelas menengah berpendidikan Inggris membentuk Partai Aksi Rakyat (PAP) yang ingin membentuk pemerintahan sendiri Singapura yang terlepas dari kolonialisme Inggris. 

Pada 1959, Lee terpilih sebagai Perdana Menteri pertama Singapura, menggantikan mantan Kepala Menteri Singapura, David Saul Marshall.

Lee kembali terpilih menjadi PM untuk ketujuh kalinya berturut-turut pada 1963, 1968, 1972, 1976, 1980, 1984 dan 1988, kemudian mundur pada November 1990 untuk menjabat Menteri Senior pada kabinet Goh Chok Tong.

Agustus 2004, tatkala Goh mundur dan digantikan oleh anak Lee, Lee Hsien Loong, Goh menjabat Menteri Senior, sedangkan Lee menjabat Menteri Penasihat.

Ia menikahi Kwa Geok Choo yang juga pengacara, dan dikaruniai enam anak, antara lain Lee Hsien Loong yang kini menjabat Perdana Menteri sekaligus Menteri Keuangan Singapura serta Wakil Ketua Perusahaan Investasi Pemerintah (GIC) Singapura (ketuanya ialah ayahnya).

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...