. Profil Bintang Sepak Bola Euro 2012

Profil Bintang Sepak Bola Euro 2012

Cristian Ronaldo - Portugal

Ronaldo memiliki fisik yang sangat prima untuk bermain dalam posisi apapun di depan, menjadikan dia berbahaya bagi pemain-pemain bertahan tim lawan. Kecepatan, keakuratan, dan determinasinya menjadikannya salah satu dari 2 pemain terbaik di dunia saat ini: Messi dan Cristiano Ronaldo.


Cristian Ronaldo adalah pemain sepak bola yang dapat bermain dengan kedua kakinya, dia dapat bermain di mana saja: kanan, kiri atau melalui tengah. Ini mengakibatkan Ronaldo dan rekannya sesama pemain sepak bola saat bermain di Manchester United Ryan Giggs dapat saling bertukar posisi.

Ronaldo memiliki kemampuan teknik yang hebat. Selain gerakan multi step-over, dia juga mengembangkan banyak kemampuan lainnya, membuat dia sangat lincah dan sebagai pemain sayap yang tidak dapat diprediksikan gerakannya. Disamping kemampuan mengolah bolanya yang luar biasa, dia juga piawai dalam mengeksekusi bola-bola mati, itulah yang membuatnya menjadi salah satu pemain yang paling berbahaya bagi lawannya, dia dapat mencetak gol dengan cara apapun dan dari jarak manapun, sehingga dia pemain paling diperhitungkan dalam ajang Euro 2012 ini.

Mario Gómez García - Jerman

Mario Gómez García (lahir 10 Juli 1985; umur 26 tahun) adalah seorang pemain sepak bola berkebangsaan Jerman yang memiliki keturunan Spanyol. Dia kini membela klub Bayern Munchen. Berposisi sebagai penyerang. Ayahnya berkebangsaan Spanyol sedangkan ibunya orang Jerman. Dia memiliki kewarganegaraan Jerman dan Spanyol dan memutuskan untuk bermain untuk tim nasional Jerman. Di timnas Jerman, dia bermain 50 kali dan mencetak 21 gol.

Karier Mario Gomez bagai roller coaster. Di usia 26 tahun, pemilik nama lengkap Mario Gomez Garcia ini pernah dipuja sekaligus dicaci oleh publik sepak bola Jerman. Popularitas Gomez meroket kala menjelma sebagai mesin gol bagi Stuttgart sejak musim 2006/07.

Setelah dibeli Bayern Munchen senilai 30 juta euro ( sekitar Rp 360,9 miliar rupiah), performa Gomez menurun. Penampilan di timnas juga tak kalah mengecewakan.

Bomber berdarah Spanyol ini menjadi bahan ejekan media Jerman. Namun dengan caranya sendiri Gomez membuktikan dirinya adalah bomber yang bisa diandalkan. Ia tampil luar biasa sepanjang musim 2011/12. sudah mengemas 25 gol di Bundesliga, plus 11 di Liga Champion.

Gomez juga kembali menjadi andalan Die Mannschaft dan menyumbangkan enam gol sepanjang fase kualifikasi Piala Eropa 2012. Tak pelak, ia bakal jadi andalan di lini depan Jerman di Piala Eropa 2012 mendatang.


Nikica Jelavic - Kroasia
Kroasia telah menemukan calon penerus bomber legendaris Davor Suker. Ya. Dia adalah Nikica Jelavic. Bomber kelahiran Capljina, 26 tahun silam. Yang kini menjadi idola baru publik Goodison Park, kandang Everton. Jelavic yang langsung tampil gemilang di musim perdananya bersama Everton musim ini, telah menorehkan sembilan gol dalam 13 penampilannya di Liga Primer Inggris. Bahkan di April lalu, ia juga sempat terpilih sebagai pemain terbaik bulanan pilihan Barclays. Mencetak gol lewat placing melengkung indah/direct free kick merupakan spesialisasi pemain yang pernah berseragam Glasgow Rangers ini.
Jelavic yang didatangkan Everton pada transfer window Januari lalu, kini sangat dibutuhkan kontribusinya oleh timnas Kroasia. Apalagi dengan absennya Mladen Petric dan Ivan Klasnic, ditambah performa Ivica Olic yang mulai menurun.

Walaupun baru mencetak satu gol buat timnas Krosia sejauh ini. Tak ada alasan buat pelatih Slaven Bilic untuk tak menjadikan Jelavic sebagai andalan di lini depan Kroasia pada turnamen akbar Euro 2012 nanti. Dan mari kita lihat seberapa hebatkah Jelavic jika bermain di timnas? Dan akankah dia mampu merebut hati para pecinta sepakbola Kroasia? Mari kita tunggu.


Alan Dzagoev - Rusia
  Nama alan Dzagoev mungkin terasa asing di telinga para penggemar sepakbola. Saat Rusia melawan Republik Ceko dia menjadi bintang dengan memborong dua gol ke gawang Peter Cech.

Alan Yelizbarovich Dzagoev (bahasa Rusia: Алан Елизбарович Дзагоев, lahir di Beslan, 17 Juni 1990; umur 21 tahun) adalah seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Rusia yang bermain untuk klub CSKA Moscow pada posisi gelandang.

Beberapa pengamat sepakbola menyatakan bahwa Dzagoev akan menggantikan peran Arshavin di Timnas Rusia. Pemain berumur 22 tahun ini pernah dibawa oleh pelatih timnas Rusia Guus Hiddink kala itu untuk pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2010, sayang rusia gagal lolos waktu itu.



Andriy Shevchenko - Ukraina

Andriy Shevchenko adalah bintangnya bintang sepakbola Ukraina. Dia lah lokal hero pengguncang EURO 2012. Untung saja ia hijrah dari tinju ke sepakbola. Geliat Andriy Mykolayovych Shevchenko atau kerap dipanggil Sheva terbukti belum pudar. Meski mulai diragukan lantaran usianya sudah menginjak 35, ternyata kerlip kebintangannya masih sanggup berpendar.
 

 Selasa (12/6) WIB, Sheva menunjukkan itu kepada siapapun yang mulai memandangnya sebelah mata. Ia perankan tugas sebagai kapten tim Ukraina dengan apik. Bahkan, 2 gol cantiknya pula yang memastikan kemenangan 2-1 atas Swedia dalam pergulatan Grup D Euro 2012.


Franck Ribéry - Perancis

Franck Ribéry (lahir di Boulogne-sur-Mer, 7 April 1983; umur 29 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Perancis yang bermain untuk Bayern Muenchen pada posisi gelandang serang atau sayap kiri dan kanan, dan baru-baru ini dinobatkan oleh beberapa media Perancis sebagai penerus dari pemain legenda Zinedine Zidane, karena penampilannya yang terus membaik.

Ia dikenal sebagai pribadi yang santun, rendah hati, dan rajin melaksanakan shalat lima waktu, di mana pun dan pada kondisi apa pun.
Bagi penggemar sepak bola dunia, tentu sudah tak asing dengan nama Franck Ribery memeluk Islam setelah bermain di klub asal Turki, Galatasaray, pada 2005. Secara singkat, Ribery mengatakan, dia memilih ajaran yang dibawa Nabi Muhammad SAW ini karena menemukan kedamaian dalam Islam.


Samir Nasri - Perancis

Samir Nasri seorang muslim pemain gelandang Klub The Gunners berkebangsaan Prancis, yang didatangkan dari Klub Prancis yaitu Samir Nasri. Dimusim pertamanya bersama Arsenal, Nasri memberikan kontribusi yang bagus untuk Klub yang berjuluk The Gunners tersebut. Gaya bermain yang tenang dan dribling bola diatas rata-rata, merupakan kelebihan dari gelandang berusia 23 tahun ini. Samir Nasri lahir di Marseille, Perancis, 26 Juni 1987.

Nasri percaya skuat Les Bleus bisa memberikan performa terbaiknya, mengingat skuat asuhan Laurent Blanc bermain tanpa ada tekanan. Berbeda dengan Piala Eropa 2008 ketika timnas Prancis berada di bawah tekanan karena disebut-sebut sebagai timnas terbaik kedua di dunia.

Hasil imbang melawan Prancis disyukuri Samir Nasri. Pencetak gol Les Bleus itu menilai timnya tampil lebih baik dengan mendominasi permainan. Samir Nasri mengaku telah menipu Joe Hart saat ia menaklukkan penjaga gawang Inggris tersebut lewat gol tendangan jarak jauh yang menyamakan skor 1-1 pada pertandingan di Donbass Arena, Senin (11/6) malam. Pemain berusia 25 tahun itu mengaku tidak menendang seperti yang biasa dilakukannya di Manchester City.

Zlatan Ibrahimovic - Swedia

Zlatan Ibrahimovic adalah pesepakbola asal Swedia yang kini bermain untuk Klub AC Milan. Pemain bertubuh jangkung ini, sempat membela beberapa klub besar antara lain Juventus, Inter Milan, Barcelona, dan akhirnya dipinjamkan ke AC Milan. Zlatan memulai awal karir sepakbolanya di klub Malmö FF, pesepakbola kelahiran Malmö, Skåne län, Swedia, 3 Oktober 1981 silam ini, memang tidak bisa dipungkiri memiliki skill diatas rata-rata, dari dribling bola dan speed yang bagus. Ketenangannya dalam bermain, membuat Ibra selalu diwaspadai Bek lawan.

Tak ada lagi yang harus diragukan dari seorang Zlatan Ibrahimovic. Teknik dan olah bola di atas rata-rata membuatnya terus merengkuh gelar liga dari mulai kedatangannya di Ajax, Juventus, Inter, dan Barcelona, kini ia pun berperan penting membawa AC Milan   



Miroslav Klose - Jerman


Miroslav Klose salah satu pemain Timnas Jerman dan Bayern Munchen, yaitu Miroslav Klose. Bagi para penggemar sepakbola, pasti sudah mengetahui nama Miroslav Klose, yang merupakan penyerang andalan Tim Panser Jerman dan Klub Bayern Munchen. Miroslav Klose, adalah pesepkbola keturunan Polandia, Prestasi yang pernah diraih oleh Striker 32 tahun ini, adalah rang kedua yang berhasil mencetak lima gol di dua Piala Dunia yang berbeda. Pemain yang memiliki nama lengkap Mirosław Marian Kloze, lahir di Opole, Polandia, 9 Juni 1978.

Bagi pelatih Joachim Löw, Miroslav Klose adalah pemain paling penting. Meskipun kerap cedera, Klose penyerang tak tergantikan. Ia hanya bisa diganti oleh Gomez dan Olic. Kini Klose sudah mencetak 48 gol dari 93 laga bersama timnas Jerman.

Kelebihan pemain kelahiran Polandia, 9 Juni 1978 ini adalah sundulan mematikan. Tak salah bila Klose disebut-sebut sebagai pemilik sundulan terbaik di dunia


Klose dikenal sebagai pemain yang menjunjung tinggi fair. Ia belum pernah diusir dari lapangan sepanjang kariernya. Dari 227 laga, ia hanya memperoleh 20 kartu kuning. Ini artinya dua kartu kuning dalam satu musim.
 
Ciri khas Miro dalam merayakan gol adalah “salto”, yang ia lakukan setelah mencetak gol.



Wayne Rooney - Inggris

Nama Lengkap : Wayne Mark RooneyTempat Lahir : Croxteth, Liverpool, Inggris
Tanggal Lahir : 24-10-1985
Kebangsaan : Inggris
Posisi : Penyerang
Bermain di Klub : Manchester United
Rooney memulai karirnya bersama klub Everton, bergabung dengan tim muda mereka pada usia sepuluh tahun dan kemudian terus naik pangkat setelah itu. Dia membuat debut profesional pada tahun 2002 dan gol pertamanya membuatnya menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Premier pada saat itu. Kemudian dengan cepat menjadi bagian dari tim utama Everton, menghabiskan dua musim di klub Merseyside.

Sebelum awal Musim 2004-05 ia pindah ke Manchester United seharga £ 25.6 juta dan menjadi pemain kunci tim utama mereka. Sejak itu, ia telah memenangkan Liga Premier sebanyak tiga kali, Liga Champions musim 2007-08 dan juga Piala Liga.

 Rooney dijadwalkan untuk memulai laga perdananya di Euro 2012 saat The Three Lions berhadapan dengan Ukraina, 19 Juni. Sementara untuk laga kedua melawan Swedia, 15 Juni 2012.

Pelatih Timnas Inggris, Roy Hodgson, tak sabar menantikan aksi Wayne Rooney di Euro 2012. Menurut Hodgson, striker yang dilarang bertanding di dua laga tersebut merupakan kunci kebangkitan Inggris.

"Dia adalah senjata andalan kami karena kondisinya sangat fit dan dia siap bertarung," tegas Hodgson. "Jika dia bisa bermain, kami akan lebih sulit dikalahkan. Anda hanya akan memperoleh keuntungan jika memiliki pemain sekaliber dirinya dalam tim anda."


Petr Cech - Republik Ceko

Petr Cech menjadi pemain senior sekaligus satu dari tiga generasi terbaik milik Republik Ceko yang tersisa dari skuad Euro 2004 saat menembus semifinal. Dialah bagian dari kunci kesuksesan Ceko menembus putaran final Euro 2012.

Sejak melakukan debut bersama Ceko di tahun 2002, ia tak pernah tergantikan. Selama 10 tahun pengabdiannya di bawah mistar, kiper andalan klub Chelsea ini telah tampil 89 kali bersama negaranya.
Tak hanya menjadi kiper terbaik, tapi saat ini Cech juga menyandang status pemain paling top Ceko.

Faktanya ia baru saja terpilih memenangi penghargaan Bola Emas Rep Ceko sebagai pemain terbaik negara itu untuk musim 2011-12.


Fernando Torres - Spanyol

Fernando Torres (lahir di Madrid, Spanyol, 20 Maret 1984; umur 25 tahun) adalah pemain sepak bola Spanyol yang mempunyai julukan El Niño ("Anak Lak-Laki"). Posisinya adalah penyerang.

Ia mulai tertarik bermain sepak bola sejak kecil dan bergabung pertama kali bersama Parque 84 ketika berusia 5 tahun. Kakeknya sebenarnya tidak terlalu menyukai sepak bola, namun sangat bangga menjadi suporter Atlético Madrid, dan Torres juga mewarisi menjadi supporter klub dari kota madrid tersebut.

Sebenarnya Torres ingin menjadi penjaga gawang, seperti kakaknya. Namun, ketika berusia tujuh tahun, dia mulai bermain sebagai penyerang dalam Liga indoor besama klub di lingkungannya, Mario’s Holland. Tiga tahun kemudian, ketika berusia 10 tahun, dia mulai bermain dalam sepak bola sebenarnya bersama Rayo 13. Setelah penampilan yang menawan bersama klub barunya, dimana dia mencetak 55 gol, Torres menjadi satu dari tiga pemain Rayo 13 yang mencoba untuk bermain dengan Atlético Madrid. Dia membuat kagum pencari bakat dan saat berusia 11 tahun, dia bergabung bersama klub pada tahun 1995.

Dia juga bermain dalam timnas Spanyol dan membuat debutnya bersama tim senior saat pertandingan melawan Portugal pada September 2003. Tujuh bulan kemudian dia mencetak gol pertamanya ke gawang Italia. Torres telah bermain bersama tim nasional Spanyol dalam 3 turnamen besar: Euro 2004, Piala Dunia 2006 dan Euro 2008. Torres gagal mencetak gol untuk tim Spanyol dalam Euro 2004, namun dia berhasil mencetak 3 gol dalam Piala Dunia 2006. Torres mencetak satu-satunya gol kemenangan Spanyol dalam partai final Euro 2008 melawan Jerman dengan skor akhir 0-1.

Menjelang deadline transfer musim dingin bulan Januari tahun 2011, ia hijrah ke Chelsea dengan harga 50 Juta Poundsterling, menjadikannya pemain nomor 4 termahal dunia, di rekor dunia transfer saat itu.


Christian Eriksen - Denmark

Umurnya baru 20 tahun, dan dia diprediksi bakal menjadi pemain bintang Denmark di masa mendatang. Sepak terjangnya di Ajax Amsterdam sejak 2009 membuatnya dilirik pemandu bakat dari Arsenal, Barcelona, Chelsea, AC Milan dan Manchester United.

Eriksen dinilai memiliki perangkat cukup untuk menjadi attacking midfielder yang mumpuni. Mantan pelatihnya di Ajax, Martin Jol, membanding-bandingkan dia dengan Wesley Sneijder dan Rafael van der Vaart.

Pria kelahiran 14 Februari 1992 itu punya visi bermain yang sangat baik, jago sebagai pengumpan dan penggiring bola, serta bagus dalam melakukan tendangan-tendangan jarak jauh.



Mario Balotelli - Italy

Mario Balotelli (lahir di Palermo, Italia, 12 Agustus 1990; umur 21 tahun) merupakan seorang pemain sepak bola berkebangsaan Italia yang bermain sebagai penyerang untuk Manchester City di Liga Primer Inggris dan tim nasional Italia.

Balotelli pernah bermain di klub Lumezzane dan Internazionale, sebelum bergabung dengan Manchester City pada bulan Agustus 2010. Balotelli memperkuat timnas senior Italia sejak bulan Agustus 2010

Balotelli melakoni debut ketika Italia kalah 0-1 dari Pantai Gading di partai uji coba. Ia kemudian mencetak gol pertama untuk timnas ke gawang Polandia November lalu. Sayang, Balotelli kemudian dicopot dari tim gara-gara tindakan indisipliner di Manchester City. Kini ia dipanggil kembali. Penuh talenta, dan haus gol, tapi bisa membahayakan tim karena sewaktu-waktu bisa dikartu-merah, itulah perjudian Prandelli saat membawa Balotelli ke ajang Piala Eropa 2012 ini.


Arjen Robben - Belanda

Arjen Robben lahir pada tanggal 23 Januari 1984  di Bedum, Belanda. Dia merupakan  gelandang sayap Belanda. Saat ini Robben bermain di Club Bayern Munchen. Arjen Robben memperkuat Tim Nasional Belanda di ajang Euro 2004 dan Piala Dunia 2006.

Robben mengawali karier di Klub Groningen musim 1999-2000. Kemudian pindah ke PSV musim 2002-2003 lalu pindah ke Chelsea. Tanggal 22 Agustus 2007, Robben pindah ke Real Madrisd dan pada  28 Agustus 2009, Robben pindah ke Bayern Munich sampai tahun 2010 ini.

Pemain yang memiliki kecepatan dan akselerasi yang bagus ini, dijuluki Manusia Kaca karena mudah dilanda cedera. Arjen Robben adalah salah satu pemain kunci Tim Oranye Belanda, saat melaju ke final Piala Dunia 2010 lalu

Giorgos Samaras - Yunani

Ia lahir pada tanggal 21 February 1985 di Heraklion, Yunani. Giorgos Samaras kembali diandalkan sebagai penyerang andalan tim nasional Yunani untuk menghadapi babak utama Piala Eropa 2012. Terpilihnya Samaras sudah diperkirakan oleh banyak pihak karena pemain bertinggi 1,93 meter itu memiliki keterampilan yang lengkap sebagai seorang penyerang.

Dengan posturnya yang jangkung, Samaras kerap menjadi pemain target untuk bola-bola atas dan mampu mencetak gol dengan sundulan mematikan. Samaras sering disamakan dengan pahlawan Yunani di Piala Eropa 2004, Angelos Charisteas, yang bertinggi 1,91 meter. Samaras juga sering memenangi duel-duel bola atas yang dikirimkan sebagai umpan lambung dari belakang.

Selain unggul di bola atas, Samaras juga memiliki pergerakan yang sangat cepat dan daya jelajah yang luas. Di Manchester City dan Celtic, Samaras sering ditempatkan sebagai gelandang kiri, untuk naik sebagai sayap.


Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...