Berikut ini adalah hasil googling
saya ketika iseng-iseng mencari informasi mengenai kapal-kapal pesiar.
Siapa tahu suatu ketika Kompasiana mengadakan acara gratis kumpul bareng
Kompasianer dari seluruh Indonesia di salah satu dari kapal-kapal
pesiar ini.
Ada
dua kapal yang merupakan kapal pesiar terbesar di dunia saat ini.
Biasanya, orang menyebutkan “Oasis of the Seas” adalah kapal terbesar di
dunia. Sebetulnya masih ada nama “Allure of the Seas,” yang secara
spesifikasi sedikit lebih unggul daripada Oasis. Jadi, lebih tepat
Allure of the Seas-lah yang merupakan kapal pesiar terbesar (dan juga
termewah) di dunia saat ini.
Kapasitas
penumpang Allure of the Seas: 6.300 plus 2.380 awak kapal, sedangkan
Oasis of the Seas: 6.296 orang penumpang plus 2.196 awak kapal. Biaya
pembuatan Allure of the Seas USD 1,2 miliar, atau sekitar Rp 12 triliun,
sedangan Oasis of the Seas USD 1,4 miliar, atau sekitar Rp. 14 triliun.
Allure of the Seas pertama kali memulai pelayaran komersialnya pada 1 Desember 2010, sedangkan Oasis pada 5 Desember 2009.
Selain perbedaan-perbedaan kecil itu, boleh dikatakan spesifikasi keduanya sama, dengan rincian antara lain sbb:
Tonase: 225.282 ton
Panjang: 360 meter
Lebar: 60,5 meter
Tinggi: 72 meter
Dek: 16 dek penumpang
Jumlah kamar: 2.706 buah
Kecepatan: 22,6 knot (41,9 km/jam)
Bandingkan dengan kapal pesiar Costa Concordia milik bernama Carnival Corporation & Plc, yang 13 Januari 2012 lalu karam di perairan sekitar pantai Tuscan, Italia.
Costa Concordia mempunyai tonase:115.500 ton.
Panjang: 290 meter
Lebar: 35 meter
Jumlah dek: 13
Kapasitas: 3.700 orang plus 1.100 awak kapal
Biaya pembuatan: 570 juta Dollar AS, atau sekitar Rp 5 triliun.
Bagaimana dengan kapa pesiar Titanic? Berikut sebagian spesifikasi Titanic yang tenggelam pada 1912, dan yang legendaris itu:
Tonase: 46.328 tonPanjang: 269,1 meterLebar: 28 meterTinggi: 53,3 meterJumlah dek: 9Kapasitas penumpang: 2.453 orangKecepatan maksimum: 23 knot (43 km/jam)
Dari
perbandingan di atas, tentu saja Titanic bukan apa-apanya dibandingkan
dengan tiga kapal pesiar moderen yang disebutkan di atas itu.
Pemilik
Oasis of the Seas dan Allure of the Seas adalah Royal Caribbean
International Ltd. Sebuah perusahaan kapal pesiar terbesar di dunia dari
Norwegia-Amerika Serikat, berbasis di Miami, Florida. Perusahaan ini
menguasai 24% pangsa pasar bisnis kapal pesiar terbesar dan termewah
dunia. Paling sedikit mempunyai 22 kapal pesiar komersial dengan
semuanya mempunyai nama akhir “of the Seas”.
Dari 10 kapal pesiar terbesar di dunia, 8 di antaranya adalah milik Royal Caribbean International.
Royal
Caribbean membagi golongan-golongan kapalnya berdasarkan ukuran
spesifikasinya. Yang terbesar adalah The Oasis Class (terdiri dari Oasis
of the Seas dan Allure of the Seas) dengan spesifikasi terbesar
sebagaimana disebutkan di atas sampai dengan yang terkecil, Sovereign
Class yang terdiri dari dua kapal: Majesty of the Seas dan Monarch of
the Seas dengan tonase “hanya” 74.077 ton, panjang: 268,33 meter, lebar:
32,20 meter, 12 dek, kapasitas: 2.744 penumpang, dan kecepatan 19
knots.
Sebuah
momen yang spektakuler dari Allure of the Seas adalah ketika kapal
terbesar di dunia ini dilayarkan pertamakali dari galanggan kapal di
Turku, Finlandia Barat Daya, tempat kapal itu dibuat, ke pangkalannya di
Port Everglades di Fort Lauderdale, Florida, Amerika Serikat pada
November 2010 untuk upacara peresmiannya. Dan untuk pelayaran pertamanya
pada 1 Desember 2010. Momen spektakuler itu adalah ketika Kapal pesiar
adik dari Oasis of the Seas ini lewat di bawah Store Belt Bridge (Great
Belt Bridge), jembatan yang panjang totalnya 18 km, dan merupakan
terpanjang di Denmark, yang
menghubungi Denmark bagian barat (Pulau Fuenen) dengan Denmark bagian
timur (Pulau Zealand). Setelah cerobong asapnya diturunkan, ketika kapal
itu lewat jarak antara pucuk tertinggi kapal dengan bagian bawah
jembatan hanya tersisa 50 cm.
Allure of the Seas yang seluas 4 kali lapangan bola, dan mampu sekaligus mengangkut 6.300 penumpang plus 2.380 awak kapal itu memiliki
dua dek suite yang letaknya paling atas dan paling mewah. Inilah kapal
yang pertamakali dilengkapi dengan kedai kopi Starbucks (Starbucks
pertama di laut), butik Guess pertama di laut, amfiteater aqua pertama
di laut dengan karakter-karakter tokoh kartun dari Dreammworks Animation
seperti Shrek, Alex yhe Lion dari Madagascar, Po si Kung Fu Panda.
Di
bawah The Oasis Class ada Freedom Class, terdiri dari 3 kapal pesiar:
Freedom of the Seas, Liberty of the Seas, dan Independence of the Seas.
The
Voyager Class, terdiri dari 5 kapal pesiar: Navigator of the Seas,
Adventure of the Seas, Voyager of the Seas, Explorer of the Seas, dan
Mariner of the Seas.
The Radiance Class (4 kapal pesiar), Vision Class (6 kapal pesiar), dan Sovereign Class (2 kapal pesiar).
Total ada 22 unit kapal pesiar komersial yang dimiliki oleh Royal Caribbean.
Di
antara semua kapal pesiar tersebut di atas hanya Voyager of the Seas
dan Legend of the Seas yang melayari perairan Asia dan Australia.
Sayangnya, Indonesia belum termasuk di dalamnya. Namun demikian bagi
kita yang ingin naik kapal ini bisa naik dari Singapura, sebagai salah
satu tujuan kapal pesiar ini.
Kedua
kapal pesiar itu melayari ke tempat-tempat wisata dari negara-negara
Singapura, Malaysia, Thailand, Philipina, Hongkong dan Tiongkok, Jepang,
Korea Selatan, Taiwan, Vietnam, India, Australia, dan United Emirates
Arab (Dubai).
Pada 16 Januari 2012 Legend of the Seas pernah masuk Indonesia, bersandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, kemudian
menuju dan berlabuh di perairan Lembar, Lombok pada 18 Januari 2012.
Sebelumnya pada 2011 sebenarnya kapal pesiar ini pernah mencoba masuk ke
pelabuhan Benoa, tetapi urung karena kedalaman alur lautnya yang tidak
memenuhi syarat. Setelah pihak otoritas Pelabuhan Benoa menguruk dasar
alur laut tersebut, maka pada awal 2012 itu akhirnya untuk
pertamakalinya sebuah kapal pesiar sekelas Legend of the Seas itu
bersandar di sana.
Wakil
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan bahwa
masuknya Legend of the Seas merupakan pembuka jalan bagi kapal-kapal
pesiar sejenis untuk mulai menjadikan Indonesia sebagai salah satu
tujuan wisatanya. Khususnya Bali. Disebutkan, sebanyak 38 kapal pesiar
berencana bersandar di pelabuhan Benoa, Denpasar (Bali), Pelabuhan Tanah
Ampo (Karangasem), dan Celukan Bawang (Buleleng).
Namun sampai dengan hari ini di informasi tujuan wisata Voyager of the Seas dan Legend of the Seas, yang bisa diakses di www.royalcaribbean.com , nama wilayah Indonesia sebagai tujuannya belum ada.
Voyager
of the Seas bertonase 137.276 ton, panjang 311 meter, lebar 47,4 meter,
tinggi 63 meter, kapasitas penumpang 3.138 orang, plus 1.181 awak
kapal, 15 dek. Dilengkapi dengan 10 kolam renang dan whirlpools, 14 buah
bar, klub, dan lounge.
Legend
of the Seas: Tonase 70.000 ton, panjang 867 feet, lebar 105 feet, 11
dek, kapasitas 2.076 penumpang, plus 720 awak kapal, kecepatan 27 knots.
Dilengkapi 6 kolam renang dan whirlpools, dan 8 bar dan lounges.
Untuk
kapal-kapal pesiar kelas lebih di atasnya, tentu saja jauh lebih
lengkap dan lebih mewah. Misalnya, untuk Oasis of the Seas dan Allure of
the Seas, terdapat pula jogging track yang dibuat dengan pemandangan
alam buatan seperti berada di daratan saja, lengkap dengan taman rumput
dan pohon-pohon benaran yang asri, ada fitness center, lapangan basket,
lapangan volley, lapangan golf mini, surf simulator, simulator panjang
tebing, kolam renang anak-anak dan dewasa, whirlpools, fasilitas bermain
anak-anak seperti di mal-mal, theater dengan pertunjukan/hiburan
anak-anak dari Dreamwork (Shrek, Madagascar, Kung Fu Panda), salon, spa,
Starbuck, Dior, Guess, Aqua Theater, juga ada pusat pertokoan, mal,
bioskop 3 dimensi, perpustakaan, restoran-restoran (Samba Grill
Brazilian, Steakhouse, Broadway hit musical Chicago, dan lain-lain. Tentu saja tidak ketinggalan ada fasilitas internet berkecepatan tinggi
gratis.
Kelas-kelas
kamarnya pun seperti di daratan, mulai dari kamar kelas standar sampai
dengan kamar suite (di Oasis of the Seas terdapat Royal Loft Suite, yang
merupakan kamar dengan harga sewa termahal). Mulai dari harga (kalau
dirupiahkan) sekitar Rp. 10 juta / per orang. Sedangkan untuk kelas
semacam Voyager of the Seas mulai dari sekitar Rp. 4,5 juta/orang.
Sebelum anda memutuskan hendak pesiar dengan kapal apa, sebaiknya anda mencari sebanyak mungkin informasi yang ada. Misalnya, dengan membaca review khusus tentang kapal-kapal pesiar yang bisa diakses di: http://www.cruisereviews.com
--------------
Penulis : Daniel H.t.
Judul Asli: Kapal-kapal Pesiar Ini Memang Serba Wah
Sumber : Kompasiana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar adalah proyeksi pemahaman. Orang paham pasti bisa komentar