. Jasad Gadis Membeku Utuh Selama 500 Tahun

Jasad Gadis Membeku Utuh Selama 500 Tahun

Ditemukan jasad tiga anak Inca, dimakamkan di sebuah puncak gunung curam yang sangat dingin berumur 500 tahun yang lalu diduga sebagai sebagai pengorbanan religius ...

Penggalian dilakukan  pada tahun 1999 dari puncak 22.000 kaki Gunung Llullaillaco, gunung berapi 300 km sebelah barat dari sini dekat perbatasan Chili, tubuh mereka beku di antara yang terbaik diawetkan mumi yang pernah ditemukan, dengan organ utuh, darah masih ada di jantung dan paru-paru , dan kulit dan raut wajah sebagian besar tanpa cedera. Tidak ada upaya khusus telah dibuat untuk menjaga mereka. Dingin dan kering, udara tipis melakukan semua pekerjaan. Mereka membeku sampai mati saat mereka tidur, dan 500 tahun kemudian masih tampak seperti anak-anak tidur, bukan mumi.

Dalam delapan tahun sejak penemuan mereka, mumi, yang dikenal di sini hanya sebagai Los NiƱo atau "anak-anak," telah difoto, X diperiksa dengan sinar, CT scan dan dibiopsi untuk DNA. Kain, tembikar dan patung-patung disimpan oleh mereka dengan cermat dicairkan dan diawetkan.  


Tapi tubuh itu sendiri disimpan dalam freezer dan tidak pernah diperlihatkan kepada publik - sampai minggu lalu, ketika La Doncella, gadis itu, seorang gadis 15 tahun, dipamerkan untuk pertama kalinya, di Museum Arkeologi High Altitude, yang diciptakan di Salta tegas untuk menampilkan mereka. Salta adalah bagian dari kekaisaran Inca sampai 1500-an, ketika diserang oleh penjajah Spanyol.

Meskipun penemuan mumi menjadi berita utama ketika ditemukan, pejabat di sini memutuskan untuk membuka pameran diam-diam, tanpa gembar-gembor dari atau pemberitaan yang mungkin bisa menggemparkan.

"Ini adalah orang-orang mati, orang-orang India," kata E. Miremont Gabriel, 39, desainer dan direktur museum. "Ini bukan situasi untuk pesta." Dua mumi lainnya belum terbukti, namun akan dipajang dalam enam bulan ke depan atau lebih. 

Gunung-gunung di sekitar Salta adalah rumah bagi setidaknya 40 situs pemakaman lain dari pengorbanan ritual, tapi Dr Miremont mengatakan orang-orang pribumi yang tinggal di daerah-daerah tidak ingin menambah mayat lagi untuk dibawa pergi.

"Kami akan menghormati keinginan mereka," kata Dr Miremont, menambahkan bahwa tiga mumi yang cukup. "Hal ini tidak perlu untuk istirahat lagi kuburan. Kami ingin memiliki hubungan baik dengan orang-orang India. "
Demikian berita yang dirilis zumar.com






E. Miremont Gabriel: "Bagi saya, itu adalah sebuah museum, bukan tempat suci," katanya. "Tempat suci di atas gunung."

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...